
Strategi Meningkatkan Penjualan : Temukan Rahasianya
Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai bagaimana strategi meningkatkan penjualan dengan jitu. Ketika berbicara meningkatkan penjualan, maka dipastikan pemasukan telah stabil. Setelah benar-benar stabil, barulah memakai berbagai strategi untuk mengembangkan sayap agar penjualan semakin meningkat dan omset terus bertambah.
Dalam strategi ini saya membagi menjadi 2 jenis, pertama: strategi meningkatkan penjualan via offline dan kedua: strategi meningkatkan penjualan via online. Ketika digabungkan 2 hal ini, siap-siap omset Anda akan meledak.
Strategi Meningkatkan Penjualan Via Online
Ketika berbicara dunia online, maka dengan internet dapat menjangkau calon konsumen dimanapun mereka berada, baik didalam negeri maupun diluar negeri. Selama bisa mengakses internet tentunya. Pada strategi ini lebih menjelaskan ke sisi marketing, karena dengan gencarnya marketing dipastikan produk Anda semakin dikenal dan konversi semakin meningkat.
Berikut strategi meningkatkan penjualan melalui media online yang dapat Anda lakukan untuk mendongkrak omset bisnis, saya hanya menjelaskan konsepnya, untuk masalah teknis dapat Anda pelajari dan kembangkan sesuai keinginan.
== Strategi Meningkatkan Penjualan ==
#SEO atau Google Adwords
Penting yang perlu diperhatikan adalah, jika bisnis Anda saat ini hanya melalui offline saja maka saya sarankan untuk segera go online, pertama dengan membuat sebuah website agar telihat lebih profesioal. Untuk strategi SEO ini Anda memang wajib memiliki sebuah website (di lain kasus ada juga yang tidak perlu)
Sampai saat ini google merupakan mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan diseluruh dunia dan Indonesia termasuk didalamnya. Google sampai saat ini menjadi pemecah solusi yang dihadapi oleh para penggunanya untuk menemukan apa yang diinginkan, sebut saja user mengalami masalah jerawat pada mukanya dan ingin menghilangkannya, maka user mencari solusinya di google dengan mengetikkan kata kunci “obat jerawat atau obat jerawat alami, dan lain-lainnya”.
Ketika telah mengetikkan kata kunci, persentase user mengklik sebuah situs adalah pada halaman pertama google (khususnya rangking 1-3), tetapi untuk halaman dua persentasenya sangat kecil untuk user berkunjung. Nah, SEO itu bagaimana sebuah website dapat nangkring dihalaman pertama google dan menjadi rangking pertama.
Untuk contoh jelasnya seperti ini, Anda menemukan halaman ini kebanyakan pasti berdatangan dari google dengan mengetik kata kunci “strategi meningkatkan penjualan” benar bukan? Karena memang saya mengincar kata kunci tersebut untuk rangking pertama di google. Itulah SEO, semoga menjadi lebih jelas ya.
Untuk tingkat konversi jangan ditanya, karena online shop yang menggunakan SEO rata-rata omsetnya gila gilaan. Tentunya didukung dengan produk dan harga yang sesuai, karena user google rajin untuk membandingkan harga dan kualitas.
Masalahnya, untuk SEO Anda perlu waktu mengoptimasi sebuah website agar tampil pada halaman pertama google. Tetapi jika Anda orang yang tidak suka menunggu dan ingin instan atau orang yang lebih memilih mengeluarkan 1 juta untuk mendapatkan 10 juta, maka google adword atau beriklan di google adalah pilihannya. Dalam hitungan menit pun website Anda dapat bertengger diurutan pertama google.
#Sosial Media (Facebook, Twitter, dan Instagram)
Strategi meningkatkan penjualan yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan sosial media, saya merekomendasikan 3 sosial media, yaitu facebook, twitter, dan instagram. Karena 3 sosial media diatas semakin eksis dari tahun ke tahunnya dan terbukti banyak yang telah berhasil meningkatkan penjualan melalui 3 sosial media diatas. Tetapi tidak menutup menutup kemungkinan untuk Anda terus mencoba dengan sosial media lainnya, seperti googleplus, linkedin, path, dll.
Berbeda dengan SEO, ada beberapa poin yang dapat Anda nilai dan lebih layak menggunakan sosmed atau SEO.
1. Biasanya user sosmed ketika ada ketemu produk yang diinginkan jarang membandingkan, lain halnya dengan user SEO yang rajin untuk membandingkan harga dengan website-website lainnya.2. Paling banyak laku disosmed itu dengan harga produk kisaran mulai dari Rp 0,- sampai Rp 500.000,-.. Ini yang paling banyak laris, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk harga diatasnya, karena ada juga yang pernah laris menjual mobil melalui facebook.
NB: Untuk menjual produk atau jasa dengan harga puluhan atau ratusan juta, maka SEO atau google adword menjadi pilihan tepat, tetapi tidak ada salahnya jika Anda mencoba tes menggunakan sosmed.
3. Perlu diperhatikan, dalam penggunakan ke tiga sosmed di atas masing-masing memiliki strategi yang berbeda di dalam pengelolaannya. Misalnya dengan facebook Anda dapat menggunakan Fbads dan facebook marketing lainnya, dengan twitter Anda dapat menggunakan jasa buzzer atau menggunakan twitter ads, dengan instagram bisa juga beriklan di instagram, sfs, atau paid promote.
#Whatapps, atau SMS
Strategi meningkatkan penjualan via online selanjutnya adalahSMS (SMS sebenarnya tidak termasuk online, tetapi saya kategorikan disini aja karena fungsinya hampir sama). Saya memasukkan SMS karena pernah melihat langsung orderan yang banyak banget, tanpa sebuah web dan iklan lainnya. Begitu juga dengan strategi sms marketing, telah terbukti bekerja dan menjanjikan untuk menaikkan omset, untuk meliihat bagaimana strateginya saya pernah menulis dengan keyword “cara promosi lewat sms”, silahkan Anda temukan di google.
Untuk via online saya hanya merekomendasikan 3 strategi diatas, yaitu menggunakan SEO, sosial media, ataupun BBM dan SMS. Untuk beriklan yang lain bagaimana? Seperti pasang banner iklan diwebsite orang lain, berjualan di market place, seperti olx, bukalapak, tokopedia, dll? Jujur saja, saya telah menggunakan metode diatas, tetapi konversi sedikit bahkan tidak ada (mungkin kurang fokus disana) tetapi ada juga yang lain berhasil.
Intinya begini, Anda coba fokusin satu-satu dulu, jangan langsung semua plek menggunakan metode diatas. Misalnya pertama Anda fokusin untuk SEO, setelah berhasil kemudian cek bagaimana konversinya, jika bagus dapat Anda lanjutkan, tetapi jika kurang convert lebih baik stop dulu.
Kemudian lanjutkan dengan sosial media, dan fokus ke 1 sosial media terlebih dahulu, misalnya facebook, lihat bagaimana perkembangannya. Terus seperti itu pola kedepannya yaitu fokus mencoba 1, kemudian coba ke yang lain lagi.
== Strategi Meningkatkan Penjualan ==
Strategi Meningkatkan Penjualan Via Offline
Strategi meningkatkan penjualan selanjutnya adalah melalui offline, dilain sisi masih banyak orang yang masih ragu untuk transaksi online atau lebih enjoy melakukan transaksi langsung secara face to face, maka pemasaran via offline itu sangat penting untuk dilakukan. Ada beberapa strategi nantinya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan.
Strategi ini saya dapatkan dari guru-guru saya, yaitu Ippho Santosa, Coach Dewa Eka Prayoga, dan Tung Desem Waringin:
1. Blusukan
Cara ini dapat Anda gunakan dengan mengadakan seminar GRATIS, baik itu Anda sebagai pembicara atau pihak penyelenggara (EO). Dengan demikian Anda dapat memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan, Selalu ingat dan pegang prinsip = “Sharing dulu, baru Selling kemudian”. Jika Anda belum bisa melakukannya (sebagai pembicara atau EO), minimal ikut menjadi peserta beberapa seminar dan bagikan kartu nama untuk mengenalkan produk atau jasa Anda.
2. Machine Gun
Machine gun adalah senjata andalan dari Rambo, senjata ini mengeluarkan beberapa pelurunya dengan sekali tembakan. Ada yang tepat sasaran dan ada juga yang melenceng dari target tembakan, itulah inti dari strategi ini. Bagaimana caranya? Yaitu dengan BROSUR.
Brosur adalah senjata yang kuno tetapi tetap terbukti untuk meningkatkan penjualan, perlu diingat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah brosur.
1. Membuat Brosur dengan Desain Profesional
Jangan sembarangan atau apa adanya dalam mendesain. Ketika desain Anda menarik, ada nilai dimata calon konsumen nantinya.
2. Buatlah Sales Latter yang Powerfull
Pada umumnya calon konsumen melihat penawaran mereka lebih memilih untuk defense/bertahan (maksudnya tidak ingin membeli). Defense itu dapat Anda robohkan melalui penawaran sales latter dengan cara, pastikan ada manfaat atau keuntungan apa yang didapat jika membeli produk, kemudian pastikan dengan adanya testimoni, dan terakhir jangan lupakan call to action. Mengapa call to action juga penting, ibaratnya begini: Anda telah mendesain secara profesional dan penawaran sales latter yang powerfull, tetapi tidak ada no atau kontak yang dihubungi, gimana? Hehe.. ya gak bakal ada peningkatan dalam penjualan, soalnya gak ada yang bisa dihubungi.
3. Narkoba
Bukan narkobanya yang akan dibahas, tetapi bagaimana tips marketing dahsyat yang menjadikan orang-orang ketagihan untuk mengkonsumsinya. Pertama diberi gratis atau bisa dengan harga sangat murah, lama-lama orang akan membelinya dengan harga mahal. Case study nya seperti ini, waktu itu saya berpindah memakai kartu untuk modem karena ada yang menawarkan harga murah dan kuota yang banyak serta sinyal yang kencang.
Banyak orang-orang yang berlomba-lomba untuk membelinya, tetapi tanpa sadar mereka telah bergantung kepada kartu tersebut, dan akhirnya harga kartu naik perlahan demi perlahan, apakah membuat omsetnya menurun? Tidak, karena pelanggan setianya telah kecanduan untuk terus membeli kartu tersebut.
4. Testimoni Foto Tokoh
Percayalah, ada pengaruhnya didalam strategi meningkatkan penjualan Anda. Tanpa disadari konsumen akan bergumam didalam hati, “Wah artis dan anggota dewan aja memakai produk ini, berarti bagus ni”. Ini akan menjadi nilai tersendiri bagi Anda, maka konsistensikanlah didalam mgnumpulkan para tokoh.
5. Now Or Never
Sekarang atau tidak dapat sama sekali, ini merupakan strategi meningkatkan penjualan yang efektif. Untuk mudahnya berikut beberapa contoh yang dapat Anda terapkan dibisnis:
>> Diskon hanya sampai jam 7 malam, lewat jam 7 harga akan naik.
>> Barang ini hanya ada sampai tanggal 23, lewat setelah itu penjualan ditutup.
>> Jika mengambil hari ini, akan mendapatkan diskon 25%
>> Kami tidak menjamin barang ini akan ada sampai besok, jangan sampai Anda kehabisan.
>> Dll
Dari gambaran diatas, mungkin ada gambaran mengenai strategi Now or Never ini. Tetapi perlu di ingat, komitmenlah didalam membuat keputusan, jika hanya memberi diskon sampai hari ini, maka besok tetapkan untuk naik dan jangan sampai memberi kesan bahwa diskon itu hanya sebagai tipuan. Tetapi buat menjadi benar-benar terjadi agar ada efek menyesal jika konsumen tidak membeli, ketika Anda menawarkan produk lain, maka konsumen akan berpikir cepat karena diskon ini benar-benar terbatas.
Kesimpulan
Demikian penjelasan mengenai strategi meningkatkan penjualan untuk bisnis Anda, sebenarnya masih banyak sekali strategi-strategi agar penjualan Anda meningkat secara drastis, tetapi jika dijelaskan pada artikel ini pasti akan sangat panjang pembahasannya. Anda dapat membaca buku dari pakar-pakar marketing yang ada. Perlu diingat, artikel strategi meningkatkan penjualan ini hanya berfokus untuk mendatangkan trafik ke toko atau website Anda, masih ada strategi agar merubah konsumen menjadi pelanggan setia, follow up, scale up, dll.
Semoga Bermanfaat & Salam Berbagi:)
Add Comments