Kapan Sebenarnya Kiamat?

PADA awal tahun 2012, kita cukup digemparkan dengan berita tentang akan datangnya hari kiamat pada tahun tersebut. Sebagian besar orang, termasuk juga umat muslim di antaranya, banyak yang mempercayai tentang berita ini. Padahal sudah sangat jelas Allah SWT sampaikan bahwa Kiamat adalah perkara yang hanya Allah SWT yang mengetahuinya.
يَسْأَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا
“Manusia bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari Kiamat. Katakanlah, ‘Ilmu tentang Hari kiamat itu hanya di sisi Allah.’ Dan tahukah engkau, boleh jadi Hari Kiamat itu sudah dekat waktunya,”(QS. Al-Ahzab: 63).
Orang-orang kafir sering bertanya tentang Kiamat. Pertanyaan mereka bisa jadi untuk menguji, atau untuk memperolok-olok Nabi, Allah SWT menegaskan bahwa pengetahuan tentang kapan akan terjadinya Hari Kiamat hanya milik Allah SWT.
Rasulullah SAW pernah bersabda, “Kunci-kunci kegaiban (mafaatiihul ghaib) ada lima. Selain Allah SWT tidak ada yang mengetahuinya: seseorang tidak mengetahui kapan Kiamat akan terjadi; seseorang tidak mengetahui kapan akan turun hujan; seseorang tidak mengetahui apa yang ada dalam rahim; seseorang tidak mengetahui apa yang akan dia perbuat esok; seseorang tidak mengetahui di mana dia akan meninggal,”(HR. Al-Bukhari).
Dalam surah al-Ahzab ayat 63 di atas, Allah SWT tidak memastikan bahwa Kiamat itu masih lama, tidak juga menegaskan bahwa Kiamat akan terjadi dalam waktu dekat.
Sekelompok yang mengatakan bahwa “Kiamat” akan terjadi tahun 2012 M, dengan beberapa alasan:
• Kalender bangsa Maya dimulai pada 3113 SM dan berakhir tanggal 21 Desember 2012 M
• Beberapa perkiraan bangsa Maya tentang fenomena astronomik terbukti benar dan benar-benar terjadi.
• Kesejajaran posisi tata surya pada bidang galaksi. Posisi matahari sejajar pada bidang galaksi Bimasakti dimulai tahun 1998 sampai 2016. Kesejajaran seperti ini berlangsung sekali setiap 25.800 tahun.
• Saat ini sedang terjadi pergeseran medan magnet bumi. Para ilmuwan percaya, pergeseran seperti ini pernah terjadi selama ratusan ribu tahun lalu dan setiap pergeseran berlangsung sekitar 100 tahun. Pergeseran berikutnya kini telah dimulai dan berlangsung lebih cepat dari yang diperkirakan (awalnya diperkirakan, pergeseran seperti ini baru akan terjadi awal abad ke-24 M).
• Kitab suci beberapa agama menyebutkan bahwa kiamat sudah dekat, meski tidak menyebutkan tanggal pastinya.
• Asteroid raksasa yang dinamai 433 Eros akan melintasi bumi pada 31 Januari 2012.
• “The Bible Code”, buku laris yang yang diterbitkan pada tahun 1998 yang menjelaskan kode-kode rahasia dalam Injil, memprediksi tahun 2012 merupakan akhir dunia.
• Beberapa ramalan Nostradamus mendukung perkiraan bahwa 2012 adalah Hari Kimat.

Semua itu adalah delapan alasan orang-orang yang berpendapat bahwa Kiamat akan terjadi pada tahun 2012.
Sementara dalam islam, sebagaimana ditegaskan dalam banyak ayat dan hadits nabi SAW, pengetahuan tentang kapan waktu pasti terjadinya Kiamat hanya milik Allah SWT. Akan tetapi, Rasulullah SAW dalam beberapa hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari menjelaskan beberapa tanda akan terjadinya kiamat: diangkatnya ilmu; kebodohan merajalela; khamr jadi minuman; zina dilakukan secara terang-terangan. Dalam hadits lain yang juga diriwayatkan oleh al-Bukhari terdapat tambahan: jumlah wanita lebih banyak dari pria hingga 50 banding 1; seorang pembantu melahirkan tuannya (ibu menjadi pembantu di rumah anaknya sendiri). Dalam hadits lain menyebutkan : tanda pertama kiamat adalah, munculnya api yang memaksa manusia bergerak dari wilayah timur untuk berkumpul di wilayah barat.
Hanya Allah yang mengetahui kapan waktu pasti terjadinya kiamat. Manusia hanya bisa mengira berdasarkan kemampuan yang mereka miliki dan indikator-indikator yang disampaikan oleh Nabi SAW. Bila perkiraan itu hanya didasarkan pada ramalan-ramalan mistik, tentu itu merupakan salah satu bentuk kebodohan yang menjadi tanda akan terjadinya kiamat itu sendiri; menetapkan kapan waktu pasti terjadinya kiamat juga merupakan bentuk kekufuran, karena mengambil alih ranah pengetahuan yang sebenarnya hanya milik Allah.
kiamatDi sisi lain, perlu juga mempertimbangkan indikator-indikator akan terjadinya kiamat yang disampaikan Rasulullah SAW dalam sabda-sabdanya. Apakah ada dari tanda-tanda itu yang telah menjadi fenomena umum dalam tradisi dan budaya masyarakat dunia saat ini? Jika ada, siapa yang bisa memastikan bahwa kiamat tidak terjadi pada tahun 2012?
Rasulullah SAW sendiri, seorang Nabiyullah yang selalu ditemani oleh malaikat Jibril, tidak berani, menetapkan kapan pastinya kiamat akan terjadi. Ketika seorang Badui datang kepada beliau seraya bertanya, “Wahai Rasulullah, kapan Kiamat?”
Rasulullah balik bertanya, “Apa yang telah engkau persiapkan untuk menghadapinya?”
Orang itu menjawab, “Wahai Rasulullah, aku tidak punya persiapan apa-apa kecuali rasa cinta yang besar kepada Allah dan Rasul-Nya.”
Rasulullah kemudian bersabda, “Engkau bersama siapa yang engkau cintai,”(HR. Al-Bukhari).
Nah, Rasul saja tidak berani menjawab kapan kiamat akan tiba, karena memang beliau tidak mengetahui kepastiannya. Terus sekarang moso kita harus percaya sama orang yang bilang kiamat tahun 2012?
[mila/islampos]

Sumber: Kerajaan Al-Qur’an/Hudzaifah Ismail/Penerbit: Penerbit Almahira/2012
[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Kapan Sebenarnya Kiamat?

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global