Dengan Disahkan UUD Bansamoro, Malaysia Berharap Proses Perdamaian di Mindanao Lancar

BangsamoroMALAYSIA berharap bahwa proses perdamaian di Mindanao akan berjalan lancar dengan disahkannya Undang-undang Dasar Bangsamoro (BBL) pada bulan depan oleh Senat Filipina untuk membantu melestarikan perdamaian dan stabilitas regional. Demikian dilansir Brunei Times, Sabtu (5/9/2015).
Menteri Pertahanan Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein menyatakan, kekhawatiran berpendapat atas kemungkinan bahwa kekacauan dan ketidakstabilan di Mindanao bisa menyebar ke dalam ASEAN (Association of Southeast Asian).
“Saya khawatir bahwa jika pada bulan Oktober itu tidak disetujui, mungkin memicu sesuatu yang kita tidak dapat mengendalikan. Ini hanya menjadi pro-aktif,” katanya kepada wartawan setelah menghadiri Pekan Orientasi Siswa untuk siswa baru Universiti Tun Hussein Onn di Jakarta, Kamis.
“Hukum Dasar Bangsamoro harus disahkan oleh Senat Filipina dan saya yakin bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Aquino, ada kemauan politik untuk itu,” imbuhnya.
“Ini hanya masalah apakah hukum ini akan disahkan pada bulan Oktober (atau tidak), mungkin kesempatan terakhir bagi kita untuk menemukan solusi atau perdamaian dan rekonsiliasi di Mindanao,” pungkasnya.
Ketika ditanya apakah Malaysia siap untuk menghadapi setiap ancaman yang mungkin untuk keamanan nasional, ia menunjukkan bahwa pemerintah telah melakukan persiapan seperti menghadapi semua ancaman yang mungkin terjadi, terutama di Sabah. [ry/IslamPos/www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Dengan Disahkan UUD Bansamoro, Malaysia Berharap Proses Perdamaian di Mindanao Lancar

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global