Pengamat: Rupiah Terus Melorot, Kita Bisa Jadi Negara “Kere” Lagi


uang rupiahEkonom Universitas Indonesia Didik J Rachbini memberikan peringatan kepada pemerintah terkait merosotnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang hari ini menembus Rp 13.000. Apabila nilai tukar tupiah terus merosot, Didik khawatir Indonesia akan masuk kembali menjadi negara miskin.
“Pemerintah Jokowi ini harus benar-benar menjaga stabilitas rupiah, jangan dibiarkan seperti ini. Prestasi kita bisa turun, Ini bisa keluar dari negara G20, dan pendapatan kita rendah dan bisa kere lagi kita,” ujar Didik saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Senin (2/3/2015).
Dia menjelaskan, akibat merosotnya nilai tukar rupiah maka akan berdampak kepada pendapatan negara. Nantinya, pendapatan Indonesia pun bisa merosot yang saat ini 1 triliun dollar. Apalagi kata dia, nilai ekspor Indonesia juga terus mengalami kemerosotan. Hal itu dinilai menjadi salah satu penyebab melempemnya rupiah.
Lalu, Didik juga menyoroti investor asing yang gemar menyimpan hasil investasinya di luar negeri. Padahal, para investor itu memanfaatkan sumberdaya alam dan manusia Indonesia “Tidak hanya investasi asing, ekspor kita juga dibawa keluar oleh eksportir itu. Enggak bisa itu para eksportir yang pakai sumber daya alam dalam negeri, SDM dalam negeri tapi menyimpan devisanya di luar. Harus di dalam negeri, kau kita punya devisa di luar negeri ya pasti lah kita merosot,” kata dia.
Sebelumnya, nilai tukar rupiah masih dibayangi pelemahan di awa pekan ini, Senin (2/3/2015). Pada awal perdagangan di pasar spot, rupiah melemah hingga menyentuh level 13.000. Berdasarkan data Bloomberg, mata uang Garuda ini dibuka melemah ke posisi Rp 12.976 per dollar AS, dibanding penutupan akhir pekan lalu pada 12.932. Pada pukul 08.51, rupiah bahkan menyentuh posisi 13.000.
Namun rupiah berhasil kembali berada di bawah level 13.000, dan hingga pukul 16.00 WIB berada di posis Rp 12.970 per dollar AS, atau melemah 38 poin dibanding penutupan kemarin pada 12.932.
Sementara kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia hari ini dipatok pada Rp 12.993 per dollar AS, melemah dibanding akhir pekan lalu di posisi 12.863. (kompas.com, 2/3/2015)
[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Pengamat: Rupiah Terus Melorot, Kita Bisa Jadi Negara “Kere” Lagi

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global