Ketua DPRD DKI Jakarta Ngotot Umumkan Ahok Jadi Gubernur



Prasetyo Edi MarsudiJakarta – RAPAT gabungan Pimpinan Fraksi DPRD DKI Jakarta membahas pengumuman Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta berlangsung panas. Pasalnya, fraksi-fraksi yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) di DKI Jakarta memprotes rencana Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi yang ingin mengumumkan Ahok sebagai Gubernur DKI esok hari.
“Rapat pimpinan gabungan, hasilnya kita memutuskan dua poin. Pertama kita melayangkan surat ke Mahkamah Agung (MA) menanyakan masalah ini. Kedua pimpinan dewan, lima orang (satu ketua dan empat wakil) akan bekonsultasi ke MA,” ujar Wakil Ketua DPRD DKI, dari Fraksi Demokrat, Ferrial Sofyan, dalam rapat gabungan yang digelar di Gedung DPRD DKI, Kamis (13/11/2014) seperti dilansir okezone.com.
Wakil Ketua DPRD DKI lainnya dari Fraksi PKS, Triwisaksana, memperkuat pernyataan Ferrial. Menurut Triwisaksana, tidak perlu khawatir untuk menunggu hasil konsultasi dari MA dan menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkan Ahok sebagai orang nomor satu di Jakarta. “Memang terjadi perbedaan pendapat, tapi dimensi politik ini ada dalam koridor hukum. Kita tidak boleh sewenang-wenang menafsirkan Perpu nomor 1 tahun 2014. Oleh karenanya kita konsultasi ke lembaga negara yang berwenang yaitu MA,” ujar pria yang akrab disapa Bang Sani itu.
Mendapat protes dari para wakilnya, Prasetyo mengatakan, konsultasi dengan MA tetap akan berjalan, namun di sisi lain, surat dari Kemendagri harus mendapat respons cepat. “Memang pada saat itu di lantai sembilan (Gedung DPRD DKI), ada putusan bahwasannya kita mendapat surat dari Kemendagri terus berjalan, dan konsultasi dengan MA juga berjalan. Kita ini ada untuk mensejahterakan masyarakat Jakarta. Jangan sampai persoalan Jakarta jadi infotainment,” kata Prasetyo.
Sebab itu, politikus PDI Perjuangan itu pun ngotot pada putusan semula. Jumat, 14 November 2014, DPRD DKI akan mengumumkan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dan ia pun menegaskan bahwa pada jajaran DPRD DKI tidak mengenal Koalisi Merah Putih dan Koalisi Indonesia Hebat, yang ada hanya Koalisi Kebon Sirih untuk memajukan Jakarta.
“Saya selaku Ketua memutuskan. Pada hari Rabu kemarin setelah kita rapat. Saya cari Pak Ferrial dan Pak Sani enggak ada di tempat saat saya mengundang untuk konsultasi ke MA tapi enggak ada. Tugas kita di sini, kita tahu. Ini kita bisa komuunikasi, kalau pikiran pendek enggak ada gunanya kita disini. Mohon maaf para pimpinan,” kata Prasetyo.
Kalau tidak sependapat, tambah Prasetyo, silakan ambil jalur hukum. Kalau gerak sana dan sini. Masyarakat pendapatnya apa. Karena itu dirinya selaku Ketua DPRD DKI Jakarta mengambil tindakan tegas dengan memutuskan besok rapat paripurna pukul 10.30 WIB untuk mengumumkan saudara Ahok sebagai Gubernur.
Menurut Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Partai Demokrat Ferrial Sofyan, sikap yang diambil Prasetyo menunjukkan keinginan adu kuat di jajaran Wakil Rakyat Kebon Sirih “Mau kuat-kuatan? Enggak bisa. Enggak bisa kita contoh seperti DPR. Mau dibilang apa sama seluruh masyarakat,” kata Ferrial usai rapat pimpinan di Gedung DPRD DKI, Rabu (13/11/2014).
Ferrial yang menjabat Ketua DPRD DKI selama lima tahun pada periode 2007-2012 mengatakan, pada era kepemimpinannya, ia tak pernah menabrak aturan yang berlaku. “Saya sudah lima tahun jadi ketua dan tidak pernah melakukan itu, main ketok palu saja. Di sini ada peraturannya. Lalu Demokrat paling banyak pada periode yang lalu, saya juga enggak sewenang-wenang seperti itu,” kritiknya.
Ditambahkan Ferrial, keputusan yang diambil Prasetyo telah melanggar tata tertib DPRD DKI. Dalam setiap putusan harus mendapat persetujuan dari pimpinan, tidak bisa diambil oleh ketua seorang. “DPRD itu harus kolektif kolegial. Ada satu Ketua dan empat wakil ketua. Jadi, tidak bisa diputuskan sepihak oleh ketua saja,” tegasnya. (crn)
[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Ketua DPRD DKI Jakarta Ngotot Umumkan Ahok Jadi Gubernur

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global