Kiat Esemka Memang Adopsi Desain Mobil China Guandong-Foday

KLATEN – Kiat Esemka mendapatkan beragam kendala dalam mengkampanyekan diri sebagai mobil nasional. Mulai dari masalah uji kelayakan, emisi gas buang dan terakhir diklaim meniru desain mobil China, Foday.

Kendati demikian, Sukiyat sebagai pengelola Kiat Motor Klaten penggagas kerja sama dengan SMK dalam merakit Kiat Esemka, mengakui bahwa sebagian komponen masih mengadopso desain mobil dari Korea, Australia dan juga China. Sukiyat menjelaskan masih sulit mencari komponen lokal hingga terpaksa harus mengadopsi dari luar.

Namun, Sukiyat berani menjamin bahwa Kiat Esemka Rajawali yang digunakan oleh Wali Kota Solo Joko Widodo, adalah murni hasil karya produk lokal. Pasalnya, sejak proses pembuatan sasis hingga karoseri body dan mesin hasil buatan rakitan lokal. Sementara suku cadang dikerjakan manual oleh siswa SMK.

Yang terpenting bagi Sukiyat dalam proses perakitan mobil Kiat Esemka ini, bukan persoalan darimana komponen didatangkan. Menurutnya, yang terpenting adalah memberikan pendidikan kepada pelajar sebagai generasi bangsa.

Sukiyat menjelaskan dia mengilhami Kiat Esemka dari Foday, sebuah industri mobil China yang dibuat home indusri di provinsi Guangdong. Foday sendiri sudah menyisir penjualan di seluruh dunia, namun belum sampai ke Indonesia baru sampai di Malaysia.


Maaf2 kata sebelumnya ya…. pemberitaan tipi sekarang ini lebay mode on……dan sepertinya sudah jamak lumrah hal2 semacam ini menjadi sebuah komoditas tertentu bagi pihak2 tertentu pula………..
anak2 SMK sekarang ini canggih..bisa bikin mobil!! Hebat banget pokoknya deh, dari pak RT, tukang sapu, pengemis…semu bilang kalo anak2 Indonesia sekarang jempolan….saya sebagai masyarakat indonesia juga bangga….berarti orang indonesia pada melek teknologi…maklum, anggaran pendidikan cukuplah besar akhir2 ini secara jumlah….
hasilnya dapat dilihat pada gambar2 berikut
apik yo...
karya anak SMK
Indonesia memang TOP
Kata diberita mobil diatas adalah modifikasi sebuah Toyota Crown yang disulap anak2 sekolah SMK dan dijadikan sebuah SUV.
Tapi dibelahan dunia lain….sebuah Perusahaan otomotif  telah membuat hal yang serupa!! Dialah Guangdong-Foday…….sebuah mobil mereka juga memiliki wajah serupa!! cek this gan!!
ini bikinan cina KW 37
sudah ngglinding di negara 5osialis
emang cina negara penjiplak no 1...bahkan yang baru dibikin anak SMK dah ada disana
nah bagaimana tanggapan pembaca semua??? pokoknya bikin bingung…..galau….kok iso????
nah..karna artikel ini dah njelehi dan banyak pro-kontra : akhirnya ada yang penasaran wawancara dengan pak-dhe kiat!

[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Kiat Esemka Memang Adopsi Desain Mobil China Guandong-Foday

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global