Trend Dunia Tahun 2014

Adnan Khan
Hizbut Tahrir Inggris
Berikut ini adalah kutipan dari publikasi  tahunan Khilafah.com, Strategic Estimate 2014. Bagian ini adalah analisa dari beberapa peristiwa geopolitik kunci tahun 2014.
Batas waktu penarikan pasukan AS di Afghanistan Desember 2014
Setelah lebih dari satu dekade perang, AS dijadwalkan untuk menarik pasukannya dari negara Afghanistan. Penarikan ini adalah tipuan, namun dalam kenyataan yang sebenarnya terjadi adalah reorientasi jejak militer Amerika di negara itu. Perjanjian Kemitraan Strategis AS- Afghanistan pada tahun 2012 memungkinkan AS untuk mengakses fasilitas Afghanistan hingga setelah tahun 2014, dan memberikan izin kepada AS untuk mempertahankan sejumlah pangkalan militernya setelah tahun 2014 dan tidak berkomitmen atas sejumlah pasukan tertentu atau tingkat pendanaan di masa depan. Para pejabat AS telah mengumumkan bahwa pasukan tempurnya akan dikurangi menjadi 10.000 personil, dan mereka akan menjadi personil pelatih dan bukan pasukan tempur. Pasukan ini juga akan mencakup Pasukan Operasi Khusus (SOF). Mereka akan melatih dan mendukung layanan keamanan Afghanistan dalam mempertahankan arsitektur yang telah diciptakan AS. AS mampu mempertahankan kesadaran situasional tingkat tinggi di dalam negeri karena jejak militernya yang besar. Hal ini memungkinkannya untuk memiliki beberapa pangkalan militer, personil SOF dan aparat keamanan yang bisa merespon ancaman sebelum berkembang menjadi masalah serius. Dengan mengurangi kehadiran mereka, tingkat kesadaran situasional tidak akan tetap dan tantangan serius bagi arsitektur yang diciptakan AS mungkin terjadi.
Kemerdekaan Skotlandia, September 2014
Pada hari Kamis, 18 September, 2014, Skotlandia memutuskan apakah akan meninggalkan Inggris dan menjadi negara yang merdeka, dan terakhir kali yang terjadi adalah di tahun 1707. Rakyat Skotlandia memberikan suaranya dalam mendukung parlemen Skotlandia pada tahun 1997 dan dalam satu dekade penuh yang telah menguasai penduduk Skotlandia. Pada tahun 2012 pemerintah Inggris mensahkan referendum yang sekarang ditetapkan tanggal 14 September 2014. Krisis ekonomi telah mempengaruhi pendapat rakyat Skotlandia, namun dengan opini publik yang terpecah, jika berhasil hal ini akan mendorong wilayah-wilayah lain di Eropa yang ingin memisahkan diri. Hal ini juga akan benar-benar merusak upaya Inggris untuk mengintegrasikan kelompok minoritasnya pada saat kesetiaan mereka dipertanyakan.
Kemerdekaan Catalonia
Catalonia mengumumkan niatnya pada akhir 2013 untuk melakukan referendum untuk memisahkan diri dari negara kesatuan Spanyol. Hal ini direncanakan berlangsung bulan Desember 2014. Krisis ekonomi yang mengarah kepada beberapa daerah yang meminta otonomi yang lebih besar dari pemerintah pusat. Nasionalisme Catalonia telah diperburuk oleh krisis Eropa. Pemilu pada November 2012 menyebabkan partai-partai pro-kemerdekaan pada pemerintah daerah Catalonia untuk meningkatkan bagian mereka untuk memperoleh kursi, dimana partai politik Catalonia menjanjikan referendum bagi kemenangan dan hal ini menimbulkan kekhawatiran serius bagi kesatuan Spanyol, salah satu negara terbesar di zona euro. Catalonia juga termasuk pusat ekonomi Spanyol – Barcelona. Sejumlah wilayah separatis percaya bahwa kebijakan defisit ekonomi yang didorong pemerintah Madrid telah gagal dan lebih memilih untuk berjalan sendiri.
Presiden Baru Turki, Agustus 2014
Presiden Turki untuk pertama kalinya secara langsung akan dipilih oleh rakyat dan bukan oleh parlemen. Petahana Abdullah Gul tidak bisa terus menjadi presiden karena batas tiga periode. Untuk saat ini posisi presiden sama sekali tidak sesuai dengan hak-hak istimewa eksekutif untuk menjadi perdana menteri, namun memegang posisi simbolis di Turki saat Mustafa Kemal menjadi presiden. Pemerintahan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) membatasi Erdogan dalam tiga periode perdana menteri, dan dia mencapai batas waktunya pada bulan Juni 2015. Para pendukung Erdogan telah membicarakan untuk menulis ulang konstitusi Turki untuk memberikan presiden kekuasaan yang lebih besar. Erdogan telah menyatakan bahwa dia akan tetap sebagai presiden jika partainya memintanya, sehingga memegang posisi baik sebagai perdana menteri maupun presiden selama beberapa bulan. Erdogan telah melemahkan cengkeraman tentara pada kekuasaan dan menggunakan keamanan negara untuk menekan oposisi terhadap agendanya yang pro AS, namun dengan presiden dengan kekuasaan eksekutifnya yang berkurang maka dibutuhkan perubahan konstitusi jika dia mencalonkan diri sebagai presiden. Hal ini memerlukan penyusunan konstitusi baru, yang harus melewati parlemen dengan setidaknya mendapat mayoritas suara tiga-perlima dan kemudian lulus melalui referendum publik. AKP saat ini mendapat 3 kursi dari 330 kursi untuk mengusulkan perubahan konstitusi bagi referendum tanpa dukungan dari pihak lain di parlemen. Dengan publik yang jatuh kedalam pangkuan Fatah Gullan dan sekarang pihak oposisi di dalam AKP, 2014 akan menjadi batu ujian atas cengkraman Erdogan pada kekuasaan.
Presiden Afghanistan Baru , April 2014
Saat yang paling kritis bagi Afghanistan akan berlangsung pada tahun 2014 saat presiden baru akan dipilih untuk menggantikan Hamid Karzai yang telah mendominasi Afghanistan setelah penggulingan Taliban oleh pasukan AS. Karzai tidak memiliki banyak kewenangan di luar Kabul dan bergantung pada pasukan AS di selatan negara itu dan bagi keamanan pribadinya. Presiden berikutnya akan menghadapi tugas yang lebih menakutkan. Karena lanskap etnis yang terpecah belah negara karena tidak ada kelompok tunggal yang memiliki suara mayoritas. Semua kelompok-kelompok ini juga secara internal terpecah. Arsitektur politik Afghanistan didominasi oleh para pemimpin dari kelompok-kelompok yang berperang baik kaum Komunis maupun Taliban. Karena jumlahnya, seorang dari suku Pashtun memiliki kesempatan terbaik untuk menang, namun bukan hanya perlu dukungan dari etnisnya sendiri namun juga dari orang-orang lain untuk mendapatkan suara mayoritas. Semua calon telah menunjuk pasangan dari etnis lain untuk mengamankan cukup suara. Abdullah Abdullah adalah calon terbaik karena dia keturunan Pashtun dan juga keturunan Tajik juga dari garis ibu, dan dia dekat dengan pemimpin Tajik Ahmed Shah Masood dan peringkat kedua pemenang pemilu 2009. Menteri Luar Negeri saat ini Zalmal Rassul adalah pengganti Karzai yang disukai. Tapi dia akan membutuhkan suara dari etnis lain untuk menang. Pada akhirnya pemilihan presiden akan turun diantara Abdullah dan Rassul. Dengan penarikan tentara AS dan negosiasi dengan Taliban yang tidak bisa bergerak kemana-mana, akan terpilih presiden baru untuk mempertahankan arsitektur yang dibangun AS.
Pemilu Irak, April 2014
Irak akan mengadakan pemilihan nasional ketiga pasca Saddam Hussain pada tahun 2014. Dari sejak awal AS berencana untuk mendominasi Irak dengan memastikan pemecahan de facto negara Irak menjadi tiga wilayah yang terpecah dalam wilayah etnis dan otonom bagi Sunni, Kurdi dan Syiah. Pemecahan ini telah mengubah perpecahan politik negara dalam hal daya saing, sumber daya dan lembaga-lembaga negara. Bagi Amerika, biarkan faksi-faksi itu  berkelahi satu sama lain asalkan arsitektur politik yang dibangun AS tetap pada tempatnya. Pada pemilu 2010, butuh 8 bulan negosiasi bagi kelompok-kelompok fraksi itu untuk membentuk pemerintahan dan kemudian Gerakan Nasional Irak, yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Interim Iyad Allawi, yang memenangkan pemilu kemudian kalah dari Koalisi Negara Hukum, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Nouri Al – Maliki. Pada saat ini, kekuatan politik dan militer di Irak sangat terpusat pada kantor pribadi Nouri Al – Maliki. Jika dia memenangkan masa jabatan ketiga, faksi-faksi lain mungkin menggunakan kekerasan yang bisa mempertanyakan sistem yang dibangun AS itu.
Pemilu India, April – Mei 2014
Lebih dari 700 juta orang akan menuju ke lebih 800.000 TPS di India dan menggunakan lebih 1,3 juta mesin voting untuk memberikan suara lebih dari 1.300 partai politik (Tidak semua partai memiliki suara. Kebanyakan dari mereka adalah hanya memiliki jangkauan lokal atau regional dan bukan nasional). Partai Kongres terus memegang kendali jangka panjang saat BJP mengerahkan Partai Kongres dalam pemilu parlemen, bulan pada Desember 2013 di lima negara bagian India. Narendra Modi, Ketua Menteri di Gujarat kemungkinan besar akan tampil melawan Rahul Gandhi, cucu dari PM Jawaharlal Nehru. Dengan goyahnya pembangunan ekonomi India, korupsi dan nepotisme yang menjadi karakteristik pemerintahan Kongres dan penarikan penuh pasukan AS di kawasan itu menjadi tantangan internal negara dan bukan kebijakan luar negeri yang akan membentuk perdana menteri baru.
Pencetakan Aditif, Cetak 4 – D
Manufaktur aditif, yang lebih dikenal dengan pencetakan 3 – D sekarang mulai mengambil alih bentuk manufaktur yang lebih tradisional. Di dalam proses ini,  mesin akan menumpuk lapis demi lapis material dalam desain tiga dimensi yang akan diciptakan oleh model yang dihasilkan dari komputer. Menjelang akhir tahun 2013, universalitas Colorado -Boulder mengumumkan mereka telah melangkah selangkah lebih jauh dengan memproduksi material komposit 4 – D. 4 – D menambahkan transformasi pencetakan 3 – D, dimana bahan akan berubah ketika mengalami kondisi seperti panas atau air . Baik pencetakan 3 – D maupun pencetakan 4 – D dapat membuat struktur perakitan sendiri di mana konstruksi tradisional mungkin sulit dilakukan. Kecenderungan yang bisa berkembang dari hal ini termasuk produk-produk yang kompleks yang dirakit dari berbagai bagian dan semuanya bisa dicetak dari satu komputer. Bagian-bagian ini bisa jauh lebih ringan lalu kemudian bagian-bagiannya menggunakan metode konvensional  juga dan limbah dapat benar-benar dikurangi. Penggunaan pencetakan jenis ini akan menghapus kebutuhan untuk mempertahankan stok, dan hal ini juga membantu di lokasi-lokasi terpencil. Perkembangan ini memiliki prospek untuk benar-benar merevolusi manufaktur dari yang kita kenal.
Angkatan Laut Mulai Memakai Senjata Laser
Setelah beberapa tahun penelitian dan pengembangan, senjata Solid State Laser (SSL) akan dikirim ke Angkatan Laut Amerika Serikat. Tubular Sistim Senjata Laser (LaWS) adalah laser dengan keadaan solid, yang memancarkan sinar bertenaga tinggi dan dapat ditembakkan pada jarak empat mil jauhnya, dan bisa memukul target yang bergerak pada kecepatan 300 mph. Sistem yang sangat akurat ini dapat melindungi rudal anti – kapal, serta menembak jatuh drone dan kendaraan terbang lainnya. Harganya lebih murah daripada rudal Cruise konvensional dan rudal balistik, dengan satu tembakan biayanya di bawah $ 1, dibandingkan dengan ratusan ribu dolar yang diperlukan untuk menembakkan rudal. Dengan China yang semakin agresif dalam mengklaim Kepulauan dari Laut Cina Selatan dan dalam keterbatasan anggaran, pengerahan senjata itu akan memperkuat militer AS. Senjata itu telah dijadwalkan untuk disebar pada tahun 2016, tapi sekarang sudah siap dua tahun lebih awal dari yang direncanakan. Dalam dekade mendatang, senjata itu akan berkembang menjadi railgun dengan rentang yang lebih jauh dan lebih kuat.
Suriah - Setelah tiga tahun pertempuran paling berdarah dalam dalam Revolusi Arab telah mengambil korban lebih dari 100.000 orang. Amerika Serikat dan masyarakat internasional telah berkolusi secara diam-diam dengan rezim Suriah, dan berusaha keras, namun sejauh ini tidak berhasil untuk mendirikan payung oposisi yang mengontrol para pejuang di medan pertempuran. Beberapa divisi memang muncul selama tahun 2013 dimana faksi Jihad dari Irak mengambil alih dari Jabatul Nusra. Dengan Hizbullah dan Iran melakukan intervensi untuk menopang divisi militer rezim al- Assad  untuk menyerang ke dalam kelompok pejuang sehingga akan melemahkan serangan mereka di Damaskus.
Pendekatan Kembali AS- Iran – Normalisasi hubungan antara kedua negara adalah salah satu perkembangan yang paling penting di tahun 2013. Masih tetap banyak masalah yang perlu diselesaikan agar hubungan itu sepenuhnya pulih. Dukungan Iran terhadap Hizbullah, dukungan AS terhadap Israel, dukungan AS terhadap kelompok-kelompok proksi di wilayah tersebut terhadap Iran dan kampanye Iran untuk menargetkan para personil kunci Israel di seluruh wilayah. Sebagian besar diskusi ini akan berlangsung secara rahasia, namun mereka akan mempengaruhi hubungan antara kedua negara pada banyak isu, termasuk isu mengenai Suriah dan Palestina. (rz/www.khilafah.com/17/01)
[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Trend Dunia Tahun 2014

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global