Inilah Pesan Sultan Muhammad Al Fatih Buat Umat Islam

Mehmed II alias Sultan Muhammad Al Fatih adalah pemimpin melegenda. Kala menjadi Sultan Utmsniyah, dia menaklukkan ibukota Romawi, Konstantinopel, di tahun 1453. Oleh Nabi Muhammad SAW, dia “diramalkan” sebagai sebaik-baiknya pemimpin. Di tangan dialah Islam menuai kejayaan hingga menjadi adidaya. Simak pesan Al Fatih untuk pemimpin Islam sedunia. 
------------------------------------

, Jakarta,- Sangat sulit membayangkan kehidupan orang Barat di tahun 1453. Dalam gambaran Roger Crowly, seorang peneliti asal Universitas Cambridge, Inggris, begitu Konstantinopel, ibukota Romawi ditaklukkan pasukan Islam, seluruh belantara Eropa diambang ketakutan. Crowly menggambarkan dalam bukunya Holy War for Constantinople and the Clash of Islam and the West, betapa seluruh pemimpin negara-negara Eropa ketakutan bukan kepalang terhadap kesultanan Ustmaniyah. Malah, masih menurut Crowly, sempat tersiar Paus Pius, pemimpin Gereja Katolik Roma, sempat mengungsi dari singgasananya di tahun 1463. Di tahun itulah, setelah Sultan Muhammad al Fatih, pemimpin Islam kala itu, membawa pasukan menuju Roma, Italia. 

Tak heran, gambaran kebencian pun melanda belantara Eropa terhadap Sultan Al Fatih. Mungkin sikap benci itu hampir setara sinisme umat Islam terhadap George W. Bush, mantan Presiden AS, di era kini. Simak saja ungkapan bangsawan Venesia di abad 17, Giovanni Sagredo. Dia bilang,"Sungguh mujur negeri-negeri Kristen dan Italia, saat kematian menghentikan si barbar yang galak dan sukar ditenangkan itu." Giovanni menggambarkan tatkala seluruh belantara Eropa riang kesenangan mendengar kabar wafatnya Sultan Al Fatih di tahun 1463. Karena negeri Eropa lainnya tak jadi ditaklukkan oleh pasukan Islam. 

Malah, begitu berita Sultan Al Fatih wafat sampai ke Italia, dentang gereja berbunyi 3 kali di siang hari. Ini diluar kebiasaan gereja kala itu. Tapi lonceng itu dibunyikan sebagai bentuk keriangan karena wafatnya pemimpin Utsmaniyah itu. 

Kebencian Barat terhadap Sultan Al Fatih memang membahana luar biasa. Karena Barat sangat ketakutan dengan kekuatan pasukan Islam, yang kala itu tak tertandingi. Crowly menuliskan, Al Fatih dijuluki "Sang Peminum Darah", "Nero Kedua," dan dianggap pemimpin yang sadis. 

Wajar memang jika Barat, pihak yang kala itu kalah telak, menjulukinya begitu. Tapi di mata kaum muslim, Sultan Al Fatih adalah pahlawan sesungguhnya. Penaklukkannya terhadap Konstantinopel, adalah bukti kebenaran dari Hadist Nabi SAW. Tatkala perang Khandaq, di abad 6 Masehi terjadi di Madinah, Nabi SAW sempat bersabda: "Konstantinopel akan takluk di tangan seorang pemimpin (Islam). Di tangan dialah sebaik-baiknya pemimpin dan di tangan dialah sebaik-baiknya pasukan". Hadist ini diriwayatkan secara shahih oleh HR Akhmad. 

Ternyata kebenaran itu terbukti. Tahun 1453, Al Fatih menaklukkan Konstantinopel. Dia kemudian mengubah gereja St Sophia menjadi sebuah masjid Haghia Sophia.  

foto
Ambisi Al Fatih sebenarnya adalah menaklukkan Roma di kemudian hari. Tapi sayang, sebelum cita-citanya terwujud, Al Fatih meninggal dalam perjalanan menuju Roma. Sebelum wafat, dia sempat menuliskan sebuah surat panjang. Surat ini berupa pesan untuk anaknya. Tapi juga pesan untuk umat Islam di seluruh dunia. Seperti apa pesan dari seorang pemimpin terbaik di dunia itu? Simak kutipannya. 

"Tak lama lagi aku akan menghadap Allah SWT. Namun aku sama sekali tidak merasa menyesal karena aku meninggalkan pengganti sepertimu. Jadilah engkau seorang pemimpin yang adil, saleh dan penyayang. Rentangkan perlindunganmu untuk seluruh rakyatmu, tanpa kecuali. Bekerjalah engkau untuk menyebarkan Islam karena itu sesungguhnya itu merupakan kewajiban para penguasa di muka bumi ini. Kedepankan kepetingan agama di atas kepentingan lain apapun." 

Janganlah kamu lemah dan lengah untuk terus menjalaninya. Janganlah sekali-kali engkau angkat jadi pegawaimu mereka yang tidak peduli dengan agama, yang tidak menjauhi dosa besar dan yang tenggelam dalam dosa. Jauhilah olehmu bi’dah yang merusak agama. Jauhi pula mereka yang menggodamu untuk memasukinya. Lakukan perluasan setiap jengkal tanah Islam dengan jihad. Lindungi harta Baitul Mal jangan sampai dihambur-hamburkan. Jangan sekali-kali tanganmu mengambil harta rakytmu kecuali sesuai dengan ketentuan Islam. Pastikan mereka yang lemah dan fakir mendapatkan jaminan kekuatan darimu dan berikanlah penghormatanmu untuk siapa yang memang berhak. 

Selain itu, Sultan Al Fatih juga dikenal sangat menghargai para ulama. Sebuah epos berkisah, dia pernah sengaja turun dari kudanya tatkala melihat seorang ulama berjalan kaki. Al Fatih pun ikut berjalan kaki sambil menuntun kudanya, di belakang ulama tadi. Walau seorang penguasa, dia ternyata menjunjung tinggi ulama. Inilah pesannya terhadap penghargaan para ulama. 
Ketahuilah sesungguhnya para ulama adalah poros kekuatan di tengah tubuh negara maka muliakanlah mereka, semangati mereka. Bila ada dari mereka yang tinggal di tempat lain maka hadirkanlah dan hormatilah mereka, cukupilah keperluan mereka. 

Berhati-hatilah, waspadalah jangan sampai engkau tertipu oleh harta benda maupun banyaknya tentara. Jangan sampai engkau jauhkan ahli syariat dari pintumu. Jangan sampai engkau sekali-kali melakukan satu hal yang bertentangan dengan hukum Islam karena sesungguhnya agama itulah tujuan kita, hidayah Allah adalah manhaj hidup kita dan oleh sebab itulah kita dimenangkan. 

Ambillah dariku pelajaran ini. Aku hadir ke negeri ini bagaikan seekor semut yang kecil, lalu Allah memberi nikmat yang demikian besar ini maka berjalanlah seperti yang aku lakukan. Bekerjalah engkau untuk meninggikan agama Allah ini dan hormatilah ahlinya. Janganlah engkau hamburkan harta negara, berfoya-foya dan menggunakannya melampaui batas yang semestinya. Sungguh itu semua adalah sebab-sebab terbesar datangnya kehancuran. 
[MAHKAMAH/www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Inilah Pesan Sultan Muhammad Al Fatih Buat Umat Islam

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global