Gaji Tak Dibayar, PNS di AS Harus Jual Barang buat Makan

 Bersyukurlah para pegawai negeri sipil (PNS) Indonesia, yang sampai hari ini masih bisa bekerja dan meniknati gaji bulanan. Di Amerika Serikat, para PNS yang bekerja di instansi pemerintah sekarang harus berputar otak untuk bisa mendapat uang, karena pemerintah AS terhenti dan tak bisa membayar gaji para pegawainya.

Sebagaimana yang dialami oleh Mekayla Coleman. Salah seorang PNS yang bekerja di bagian IT akademi militer AS, Defense Acquisition University ini harus menjual pernak-pernik milik bayinya untuk memperoleh uang.

"Harganya bisa dinego. Namun saya mohon, pembeli yang ingin membeli harus serius, karena saat ini saya sangat membutuhkan uang. Pernak-pernik bayi saya jual 300 dollar AS saja," ujarnya sebagaimana dikutip dari CNBC, Senin (7/10/2013).

Coleman tak memiliki cara lain untuk memperoleh uang, kecuali menjual barang-barang yang tersisa. Seluruh tabungannya telah habis untuk membeli rumah, yang baru saja ditempati. Dia tidak lagi memiliki tabungan, bertepatan dengan terhentinya kegiatan pemerintah AS.

"Tentunya kondisi ini tidak terlalu menyenangkan. Suami saya sebenarnya bekerja, namun gaji yang dia peroleh tak sebesar gaji saya," jelasnya.

Coleman bukanlah satu-satunya PNS di AS yang kesulitan uang. Saat ini, banyak sekali para pegawai pemerintah yang menawarkan barang-barang pribadinya melalui situs lelang Craigslist dan eBay. Barang-barang yang dijual antara lain tiket pertandingan olahraga, baju buatan desainer dan sebagainya.

Sementara itu, seorang pegawai lepas di instansi pemerintah AS, Richard, juga menempuh hal yang sama. Delapan bulan lalu, dia membeli seperangkat drum merek Yamaha senilai 1.200 dollar AS. Namun, barang itu saat ini dia lego seharga 500 dollar AS saja.

Richard mengaku khawatir, karena hingga saat ini pemerintah AS belum berjalan sehingga dia tidak mendapatkan bayaran atas pekerjaannya. Padahal, persediaan uangnya semakin menipis.

"Jika terhentinya pemerintah AS cukup lama, saya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan saya saat ini. Saya telah bekerja lebih dari 25 tahun. Bekerja di sini begitu stres. Bahkan saking stresnya, saya pernah sampai operasi jantung pada 2008," jelasnya.

Jual Koleksi

Adapun Natalie S., yang telah bekerja sebagai pegawai pemerintah di salah satu instansi sejak lulus dari kuliahnya 6 tahun lalu mengungkapkan, dia sangat khawatir dengan kondisi yang terjadi saat ini. Guna memenuhi kebutuhan hidupnya, dia memilih menjual rak buku seisinya.

Barang-barang yang dia jual antara lain seluruh koleksi buku, papan setrika, sepatu hujan, selimut bulu angsa dan pembatas buku yang dia beli dari Perancis.

"Saya masih punya tabungan setidaknya untuk keperluan 1 bulan ke depan. Orang tua saya juga telah menawarkan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan hidup saya," ujar Natalie.

Sementara itu, Lisa Braswell, analis yang bekerja di Institut Kesehatan Nasional, telah menjual 28 barangnya melalui eBay, yang sebagian di antaranya adalah barang-barang mahal. Diperkirakan, dia meraup antara 15.000 dollar AS hingga 20.000 dollar AS (antara Rp 150 juta-Rp 200 juta) dari penjualan itu.

"Sepekan yang lalu, saya tidak pernah berpikir mengenai uang. Namun, akhirnya saya terusik karena pemerintah AS tak kunjung berjalan," ungkapnya.

Situs jual-beli yang populer di AS, seperti TaskRabbit kebanjiran peminat, terutama dari para PNS yang butuh uang. Barang-barang yang ditawarkan melalui situs tersebut melonjak, seiring dengan mendesaknya kebutuhan dana di kalangan PNS AS.

"Banyak sekali para pegawai pemerintah yang memasang penawaran, dan beberapa di antaranya telah siap untuk dijual," ujar Johnny Brackett, senior manager marketing and communication TaskRabbit.

Dalam sehari, TaskRabbit menerima aplikasi penjualan rata-rata sebanyak 13.000 aplikasi. Namun untuk saat ini aplikasi yang masuk ke situs jual beli tersebut rata-rata mencapai 15.000 per hari.[] (fm)

[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Gaji Tak Dibayar, PNS di AS Harus Jual Barang buat Makan

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global