Pemerintah Afghanistan Setuju Pemberian Kekebalan Hukum Bagi Tentara AS

KABUL, , - Pasukan AS yang tersisa di Afghanistan setelah 2014 akan memiliki kekebalan dari penuntutan menurut rancangan peraturan keamanan yang dirilis oleh Kabul.

Pada hari Rabu, Kementerian Luar Negeri Afghanistan merilis rancangan pakta yang akan memberikan pasukan AS yang tersisa setelah 2014, kekebalan hukum dari pengadilan Afghanistan. Tentara AS yang melakukan pelanggaran akan dituntut lewat pengadilan AS bukan pengadilan setempat, demikian laporan presstv.

AS telah mengatakan akan menarik semua pasukannya jika tidak ada kekebalan hukum yang disepakati.

Menurut kesepakatan itu, Amerika Serikat memiliki hak eksklusif untuk melaksanakan yurisdiksi (tindakan hukum) atas pasukannya sehubungan dengan tindak pidana atau perdata yang dilakukan di wilayah Afghanistan.

Loya Jirga, majelis  tradisional Afghanistan yang terdiri dari sekitar 3.000 pemimpin suku Afghanistan dari seluruh negeri, akan membahas ketentuan kesepakatan di Kabul pada hari Kamis.

"Kami telah mencapai kesepakatan mengenai bahasa akhir dari perjanjian keamanan bilateral yang akan diselesaikan sebelum Loya Jirga (bersidang)," kata Menteri Luar Negeri AS John Kerry, pada hari Rabu.

Jika rancangan pakta keamanan ini disetujui, kesepakatan itu akan dikirim ke parlemen untuk diratifikasi.

Mayoritas rakyat Afghanistan telah menolak kesepakatan tersebut, mengatakan hal ini mempertaruhkan kedaulatan mereka dan kebanggaan nasional.

Washington telah berjanji untuk menarik semua pasukan tempur dari Afghanistan pada tahun 2014, tapi sekarang pemerintah AS ingin kehadiran militer jangka panjang di Afghanistan dengan menandatangani kesepakatan dengan Kabul. [md/www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Pemerintah Afghanistan Setuju Pemberian Kekebalan Hukum Bagi Tentara AS

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global