Janganlah Merasa Miliki Harta dan Bakhil, Karena Allah-lah Pewaris Seluruh Langit dan Bumi

Nama “AL WARITS “ tersebut dalam firman Allah ,” sesungguhnya Kamilah yang menghidupkan dan mematikan dan Kami pulalah yang mewarisi “ (AS Al Hijr : 23)

“ Berapa banyaknya penduduk Negeri yang sudah kami binasakan yang sudah bersenang-senang dalam kehidupannya. Maka, itulah tempat kediaman mereka yang tiada mereka diami lagi sesudah mereka kecuali sebagian kecil. Dan Kami adalah pewarisnya (QS AL -QASHAS :58).
al waritsNabi Zakaria di dalam doanya mengatakan,” wahai Tuhanku, janganlah Engkau membiarkanku hidup seorang diri dan Engkaulah waris yang paling baik (QS ALANBIYA :89)
Kata Al warits berarti yang kekal setelah binasanya makhluk danpihak yang menerima kepemilikan dan hak mewarisi setelah kematian makhluk dimaksud. Yang abadi dan yang berhak memiliki segala sesuatu. Dia mewarisi apa saja yang Dia kehendaki dan meminjamkan apa saja Dia suka (Syan’ad Du’a :96)
Makna yang bisa dipahami dari nash-nash ini adalah bahwa sebenarnya Allahlah yang memiliki langit dan bumi. Dan Allah pulalah yang menjadikan anak Adam sebagai khalifah di dunia, karena Dia ingin melihat apa yang akan mereka lakukan. Mereka saling mewarisi, karena satu golongan terlahir dan satu golongan lagi pergi. Sedangkan yang mereka miliki itu hanyalah pemilikan sementara dan pinjaman yang harus dikembalikan. Setelah itu Allah akan menghancurkan semua itu. Dan yang tersisa hanyalah Allah SWT,
“..Semua yang ada di bumi akan binasa. Dan tetap kekal  Zat Tuhanmu yang mempunyai kebebasan dan kemuliaan ( QS ARRAHMAN : 26-27)
Pemilik yang sejati adalah ALLAH  yang mewarisi bumi beserta isinya, karena Ummat Manusia akan lenyap,”…Sesungguhnya Kami mewarisi   bumi dan semua orang yang ada di atasnya dan hanya kepada Kamilah mereka dikembalikan “ (QS Maryam 40)
Kalau semua hamba tahu bahwa apa yang mereka miliki itu sejatinya milik Allah, tentu mereka akan mendermakan apa yang telah Allah berikan itu ke jalan yang diridhaiNYa. Tidak akan pelit, karena sebenarnya orang-orang yang pelit  dan para penimbun harta itu mencelakakan diri mereka sendiri.  Allah tidak butuh mereka . Allahlah yang berhak terhadap seluruh warisan langi dan bumi.
3:180
” Dan jangan sekali kali orang orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karuniaNya, mengira bahwa (kikir) baik bagi mereka, padahal (kikir) itu buruk bagi mereka. Apa (harta) yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan (dilehernya) pada hari kiamat. Milik Allah-lah warisan (apa yang ada) di langit dan di bumi, Allah Maha Teliti terhadap apapun yang kamu kerjakan. (Ali Imran 180)
*** Jika demikian…kalaulah ada seorang yang kekayaannya tercatat di media dan di publikasikan sebagai orang terkaya di dunia nomor 1, sekian dan sekian..maka itu semua hanyalah fatamorgana . Tidak juga anak dan tujuh turunannya yang mewarisi dan tidak habis-habis..Karena sesungguhnya Allah lah Pewaris yang sebenarnya dan meliputi segalanya Pemilik langit dan Bumi.
Allah telah menyeru untuk berderma di jalanNya , dengan cara memberitahukan kepada kita bahwa Dialah yang berhak terhadap warisan langit dan bumi seraya mendorong agar kita berderma dan berinfak dan memberi iming-iming pahala yang ada disisiNYa.
57:10
“ Mengapa kamu tidak mendermakan (sebahagian hartamu) di jalan Allah, padahal Allah lah yang mempunyai langit dan  bumi …(QS ALHADID : 10)
[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Janganlah Merasa Miliki Harta dan Bakhil, Karena Allah-lah Pewaris Seluruh Langit dan Bumi

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global