Termasuk Kecanduan Facebook atau Tidak? Begini Cara Ilmuwan Menilainya



https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/q71/64445_183016288548158_168838544_n.jpgJakarta, Kecanduan facebook adalah fenomena nyata yang mulai dilirik para ilmuwan. Bukan sekadar karena banyak pengidapnya, tingkat kecanduannya pun bisa diukur dengan skala tertentu. Para ilmuwan punya cara tersendiri untuk mengukuranya.

Berdasarkan riset yang mendalam, para ilmuwan dari University of Bergen (UiB) menciptakan instrumen standar pengukuran tingkat kecanduan Facebook. Instrumen tersebut dinamakan The Bergen Facebook Addiction Scale, sesuai nama kampus tempat penelitian itu dilakukan.

The Bergen Facebook Addiction Scale terdiri dari 6 pernyataan yang berhubungan dengan pemakaian Facebook. Keenam pernyataan tersebut adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Gizmag, Jumat (30/8/2013).

1. Anda menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan Facebook dan merencanakan penggunaan Facebook.

2. Anda merasa harus membuka Facebook, terus dan terus lagi.

3. Anda memakai Facebook untuk melupakan masalah pribadi.

4. Anda telah mencoba untuk mengurangi waktu Facebook-an tetapi tak pernah berhasil.

5. Anda menjadi gelisah dan bermasalah jika dilarang buka Facebook.

6. Anda menggunakan Facebook begitu sering hingga memberi pengaruh negatif pada pekerjaan atau studi Anda.

Cara menggunakannya, seseorang yang diyakini kecanduan Facebook diminta untuk memberi skor antara 1-5 untuk masing-masing pernyataan, sesuai dengan kondisi yang dialaminya. Skor (1) berarti sangat jarang, (2) jarang, (3) Kadang-kadang, (4) sering, dan (5) sangat sering.

Bila seseorang menjawab minimal 4 pernyataan dengan skor 4 ke atas, maka orang tersebut sudah bisa dikatakan kecanduan Facebook. Berdasarkan penelitian terhadap 423 pelajar, pengukuran ini dinilai akurat oleh para ilmuwan.

Bagi para ilmuwan, kecanduan Facebook merupakan bagian dari kecanduan internet. Mekanismenya di otak diyakini mirip seperti kondisi kecanduan atau ketergantungan yang lain seperti kecanduan alkohol, rokok dan obat-obat terlarang.



(up/vit)
[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Termasuk Kecanduan Facebook atau Tidak? Begini Cara Ilmuwan Menilainya

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global