Uskup Senior Vatikan Ditangkap Karena Penipuan dan Korupsi

 VATIKAN  - Seorang uskup senior di Vatikan ditangkap karena dituduh melakukan penipuan dan diduga korupsi. Demikian disampaikan pihak kejaksaan setempat, Jumat (28/6/2013).

Monsinyur Nunzio Scarano, Uskup senior itu, dituduh melarikan jutaan Euro ke Italia dengan jet pribadi. Menurut pihak kejaksaan, dia diduga terlibat dalam skandal pencucian yang  di Vatikan.

Penyelidikan Kejaksaan itu juga atas pengakuan koleganya di takhta suci Vatikan, bahwa Scarano melakukan penipuan dan korupsi dengan merencanakan melarikan uang tunai senilai € 20 juta atau USD 26 juta atau setara dengan Rp259 miliar (Rp12.948 per 1 Euro) dari Swiss ke Italia.

Uskup berusia 61 tahun itu, ditangkap bersama dengan mantan anggota dinas rahasia dan broker keuangan, setelah penyelidikan yang dilakukan Institut Karya Agama (IOR), yang juga merupakan lembaga perbankan di Vatikan yang curiga Scarano terlibat dalam pencucian uang.

Selama ini, Bank Vatikan dikenal tertutup dengan aparat keamanan Italia. Mereka tidak mau bekerja sama dalam penyelidikan yang dilakukan pihak Italia.

Bank Vatikan hanya memiliki karyawan sebanyak 114 orang. Namun, bank itu memiliki aset sebesar 5,4 miliar Euro atau sekira dengan Rp70 triliun.

Jaksa Roma, Nello Rossi, mengatakan uang itu milik Paolo, Cesare, dan Maurizio D'Amico, yang memiliki armada tanki minyak, dan merupakan hasil penggelapan uang pajak. Seorang broker, Giovanni Carenzio, juga sedang diselidiki di Kepulauan Canary dalam kasus penipuan.

Mantan agen Giovanni, Maria Zito ditugasi membawa uang tunai di jet pribadi untuk menghindari pengawasan petugas pajak dan bea cukai. Menurut Rosi, penangkapan itu merupakan puncak dari penyelidikan selama dua tahun.

 ”Pencarian (bukti) lainnya sedang dilakukan, untuk menentukan asal dari sejumlah uang dan barang milik Scarano. Dia memegang beberapa akun di IOR,” katanya dikutip AFP. [Widad/snd/okz/www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Uskup Senior Vatikan Ditangkap Karena Penipuan dan Korupsi

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global