Transformasi = Pemurtadan

Apakah setiap orang Kristen mempunyai misi mengkristenkan umat Islam?Pertanyaan ini seringkali dikemukakan jamaah pengajian saat membahas tentang modus-modus Kristenisasi.
Sebagaimana yang telah saya bahas di edisi lalu, jika ada ada seorang Kristiani tidak mengkristenkan orang yang belum Kristen maka status keimanannya hanya bisa disebut Kristen KTP.
Apakah ada pemurtadan di Indonesia?
Hanya kaum sekuler dan pihak Kristen yang akan menjawab: Tidak. Kaum sekuler tidak menganggap agama sebagai hal yang penting, maka perpindahan agama, pemurtadan, bukanlah masalah besar. Agama bagi kaum sekuler hanya dianggap sebagai baju. Kapan suka bisa dipakai, kapan tak suka bisa dilepas.

Selain kaum sekuler menyangkal adanya pemurtadan di Indonesia, maka yang paling sengit menyangkal adalah umat Kristen. Mereka tidak mengakui bahwa mereka melakukan pemurtadan atas umat Islam. Ini hanya silat lidah. Memang istilah pemurtadan hanya ada dalam dunia Islam. Murtad artinya keluar dari akidah Islam dan berpindah ke akidah agama lain. Dan istilah murtad memiliki konotasi yang negatif.
Apakah umat Kristen atau Gereja memiliki program pemurtadan? Mereka pasti jawab tidak. Tapi mereka menggunakan istilah-istilah lain, yang bagi kita istilah ini sebenarnya sangat umum, tidak berkesan bahaya, namun maknanya sama, PEMURTADAN. Seringkali kita melihat istilah-istilah ini dipasang di spanduk-spanduk kegiatan gereja atau perkumpulan mereka di pinggir-pinggir jalan, lampu merah, atau di depan gereja mereka namun didesain sedemikian rupa sehingga tidak berkesan sebuah kegiatan agama.
Bahayanya, jika umat Islam tidak waspada, maka anak-anak remaja Muslim bisa tergiring mengikuti kegiatan-kegiatan semacam ini.
Evangelisasi , artinya Penginjilan. Yang artinya pengkabaran tentang Yesus yang akan menyelamatkan dosa manusia, sehingga jika ingin selamat di akhirat maka harus menjadi pengikut Kristen.
Istilah lainnya adalah Zending. Zending atau Zendeling adalah istilah untuk menyebut misionaris dari Kristen Protestan. Para penyebar agama Kristen.
Mission atau misi. Artinya program. Dalam dunia Kristen, istilah mission berarti mempunyai makna spesifik sebuah program merekrut orang-orang non Kristen untuk menjadi Kristen.
Gospel berasal dari kata Good Spell atau yang maknanya berita baik. Berita baik yg dimaksud adalah bahwa Yesus sebagai tuhan akan menebus, menyelamatkan manusia dari dosa-dosanya sehingga jika ingin selamat di akhirat dan mendapatkan hidup kekal abadi di surga, harus mengakui Yesus sebagai tuhan dan menjadi Kristen.
Transformasi, adalah mengubah atau mengembalikan manusia kepada harkat dan martabatnya sesuai dengan maksud Tuhan ketika manusia itu diciptakan.Mereka menterjemahkan sebagai perubahan dari dalam diri seseorang, sekelompok, atau masyarakat yang diperlihatkan ke dalam perilaku.  Memang terkesan kalimat ini baik, tapi ‘Maksud Tuhan’, tuhan yang mana? Tentu tuhan yang dimaksud adalah Yesus. Perubahan yang dimaksud adalah untuk menjadi  penganut Kristiani. Atau istilah yang lebih kita pahami adalah PEMURTADAN.
Vinay Samuel dan Chris Sugden, Ery Prasadja menulis “Transformasi adalah misi gereja (Mission ‘of the Church’ as transformation)”.
Ministry atau yang berarti Pelayanan. Istilah lain adalah Doulos. Kata Doulos berasal dari bahasa Yunani  yang berarti hamba. Yang dimaksudkan adalah menghamba kepada Yesus dan melakukan pelayanan dalam arti penyebaran agama Kristen dengan merekrut sebanyak-banyaknya orang non-Kristen untuk menjadi Kristen.
Fellowship atau Persekutuan. Istilah lain dalam bahasa Yunani adalah Koinonia. Adalah perkumpulan atau komunitas untuk tujuan agama Kristen atau kegiatan-kegiatan rohani Kristen.
Worship atau Penyembahan. Istilah lain Proskyneo.
Prayer atau Doa. Istilah lain adalah Hosana yang mempunyai arti “tolonglah Tuhan”.
Metanoia atau Pertobatan. Metanoiaberasal dari bahasa Yunani yang artinya berubah cara berpikir dan bertindak dalam konsep teologis (akidah) Kristen.
Kerigma atau Kabar Baik. Istilah lain adalah Marturia yang mempunyai arti Kesaksian yakni testimoni tentang Yesus dengan tujuan menarik minat orang non Kristen menjadi Kristen.
Agape / Compassion / Kharis yang artinya Kasih, Berbelas kasih.
Diakonia atau Pelayanan Sosial. Atau istilah lain yang sering dipakai sebagai nama lembaga sosial adalah Samaria atau samaritan.
Healing atau Penyembuhan. Istilah lain adalah Therapeuo.
Syalom atau Damai sejahtera atau Eirene.
Imanuel artinya Tuhan Bersama Kita.
KKR singkatan dari Kebaktian Kebangunan Rohani.
Apakah program Kristenisasi ada?
Berikut beberapa kutipan pernyataan tokoh-tokoh Kristen Indonesia:
Pernyataan Pdt. Dr. A.A. Yewangoe, Ketua Umum PGI, di Majalah Kristen Narwastu, no.2, Agustus 2003, hal 15. “Memang tidak perlu dibantah, gereja senantiasa  melakukan kristenisasi sebagai mandat skriptural.
Pdt. Erastus Sabdono MTh, Seorang Gembala Sidang Rehobot   Ministry.  Dalam majalah Kristen SPIRIT no.10 Thn.II, 2003, hal.13, menyatakan:“Kita berubah dari manusia dunia menjadi manusia rohani. Istilah Gereja memasehikan (mengkristenkan) dunia. Inilah yang dimaksud dengan Transformasi.
Pdt. Yonathan Pattiasina, Youth Minister Fellowship, Dalam bukunya TRANSFORMASI INDONESIA, menulis : “…Transformasi berkaitan dengan bagaimana nilainilai kerajaan Tuhan (ajaran Kekristenan) mempengaruhi seluruh dimensi masyarakat”.
Pdt. DR. Jimmy Oentoro, lemb Misionaris World Harvest Ind : “Untuk merebut kerajaan Allah, tidak harus dengan pasukan & tangan besi, melainkan dengan MENGUASAI & MENGELOLA sistem dunia atas namaNya.  Gambaran orang Kristen yang benar adalah orang-orang yang MEMPENGARUHI &MENGUASAI dunia dibawah otoritas Allah”. (Tabloid REAL,edisi 29)
[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Transformasi = Pemurtadan

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global