Taliban Pakistan Kirim Pejuang & Dirikan Kamp Di Suriah

WAZIRISTAN,  - Taliban Pakistan menyatakan telah mendirikan kamp-kamp militer dan mengirim ratusan mujahidinya untuk berjuang bersama para pejuang yang menentang Presiden Bashar al-Assad, pada Ahad (14/7). Pernyataan itu dinilai sebagai strategi mempererat hubungan dengan kepemimpinan pusat organisasi jihad global al-Qaeda.
"Kami telah mendirikan kamp di Suriah. Beberapa orang kami pergi ke sana dan kemudian nanti kembali setelah menghabiskan beberapa waktu berperang di sana," kata komandan senior Taliban Pakistan yang tidak mau disebutkan namanya kepada Reuters, Ahad (14/7), seperti dilaporkan Al Arabiya.
Ahad (14/7) kemarin, komandan Taliban di Pakistan mengatakan mereka telah memutuskan untuk bergabung bersama para pejuang di Suriah sebagai bentuk dukungan ukhuwah Islamiyah "sesama Mujahidin."
"Ketika saudara-saudara kita membutuhkan bantuan kami, kami mengirim ratusan mujahid bersama dengan sahabat-sahabat Arab kami," kata seorang komandan senior Taliban kepada Reuters.
"Karena saudara-saudara Arab kami datang ke sini untuk mendukung kami, kami terikat untuk membantu mereka di negara-negara masing-masing dan itulah apa yang kami lakukan di Suriah," katanya kepada Reuters.
Lebih dari dua tahun sejak awal mula pecahnya revolusi anti-Assad, Suriah telah menjadi magnet bagi para pejuang Sunni di seluruh dunia. Mereka berbondong-bondong ke Suriah untuk bergabung dengan para pejuang untuk berjihad melawan kezaliman rezim Assad dan Syiah penindas.

Diantara kelompok pejuang di Suriah yang berisi para pejuang lintas negara antara lain Jabhah al-Nusra. Kelompok ini dianggap oleh Amerika Serikat sebagai cabang al-Qaeda. Kekuatan mereka disokong para pejuang dari negara-negara terdekat seperti Libya dan Tunisia.
Pernyataan Taliban tentang keterlibatannya di Suriah dinilai akan semakin memperkuat kekuatan pejuang Suriah. Namun beberapa pihak juga menilai, itu juga akan makin merumitkan gambaran peta politik di Suriah mengingat saat ini konflik makin meluas. Para pejuang terafiliasi Al Qaeda juga terlibat konflik dengan sebagian kekuatan pejuang Free Syrian Army (FSA) yang didukung AS dan sekutnuya. Di sisi lain, pejuang juga harus mempertahankan diri dari gempuran rezim Assad yang didukung kekuatan Syiah Hizbullah dan Iran.

Kekuatan pejuang Islam di Suriah lebih banyak pengaruh afiliasi kekuatan militer Al Qaeda. Meskipun jumlah mereka lebih kecil, kekuatan militer mereka jauh lebih efektif dibanding kekuatan pejuang Suriah lain yang sekuler.Kekuatan militer pejuang Islam saat ini menguasai sebagian besar wilayah yang dikuasai para pejuang Suriah. [mzf]
[md/www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Taliban Pakistan Kirim Pejuang & Dirikan Kamp Di Suriah

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global