Mesir Memanas, 10 Menteri dan 8 Anggota Parlemen Mengundurkan Diri

Kairo - Unjuk rasa besar-besaran yang berlangsung di Mesir diikuti dengan pengunduran diri delapan anggota parlemen dan sejumlah menteri yang tergabung dalam pemerintahan Presiden Mohamed Morsi. Total ada 10 menteri jajaran pemerintahan Mesir yang telah mengajukan surat pengunduran diri.

Surat pengunduran diri tersebut diajukan kepada Perdana Menteri Mesir Hisham Qandil sejak Senin (1/7) kemarin. Namun tidak disebutkan seluruh nama menteri yang mengundurkan diri tersebut. Demikian seperti dilansir Al Arabiya, Selasa (2/7/2013).

Hanya beberapa yang disebutkan, seperti Menteri Pariwisata Hisham Zazou, Menteri Negara Urusan Lingkungan Hidup Khaled Abdel-Aal, Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Atef Helmi, Menteri Negara Urusan Parlemen dan Hukum Hatem Bagato, serta Menteri Perairan Abdel Qawy Khalifa.

Menteri Zazou sendiri pernah mengajukan pengunduran diri pada bulan lalu, terkait penunjukan politikus kontroversial Adel al-Khayat sebagai Gubernur Luxor. Khayat disebut-sebut bertanggung jawab atas insiden tewasnya 58 wisatawan pada tahun 1997 lalu. Namun pekan lalu, Zazou kembali terlihat bertugas sebagai menteri usai Khayat ikut mengundurkan diri.

Pengunduran diri massal ini terjadi di tengah berlangsungnya unjuk rasa menentang Presiden Morsi. Jutaan demonstran menuntut Presiden Morsi lengser dari jabatan yang baru setahun dipegangnya. Morsi dituding lebih memprioritaskan kepentingan Ikhwanul Muslimin daripada kepentingan rakyat banyak.

Sementara itu, delapan anggota parlemen Mesir juga melakukan hal serupa.Mereka memutuskan mundur dari parlemen demi mendukung rakyat yang mendesak Presiden Morsi mundur.

Salah satu anggota parlemen, Suzy Adly menuturkan alasan pengunduran dirinya karena pemerintah tidak menanggapi permintaan rakyat untuk menggelar pemilu lebih awal. "Saya ingin memprotes pertumpahan darah di Mesir dan pemerintah sama sekali tidak merespons jutaan rakyat Mesir yang meluapkan kemarahannya," tandas Adly seperti dikutip Al Ahram.[detik/www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Mesir Memanas, 10 Menteri dan 8 Anggota Parlemen Mengundurkan Diri

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global