Antara Kuda Dan Sistem Pendingin Udara Di Kepala

islampos_kuda_putih
ILMUWAN Kanada mengatakan bahwa kepala kuda memiliki sistem pendingin udara yang beroperasi ketika suhu tubuh mereka naik saat berlari kencang.Menurut laporan peneliti Kanada yang dipublikasikan dalam Journal Nature, kuda memiliki sistem anatomi khusus di bagian bawah tengkorak, sistem ini mendinginkan darah yang sampai ke otak. Suhu kepala hewan pelari seperti kuda harus tetap kurang dari empat puluh derajat Celsius saat berlari maksimal, karena jika tidak mereka akan menderita kerusakan otak.
Dengan cara apa kuda melakukan tugas ini tetap menjadi misteri. Namun kini Dr. Keith Baptiste dan rekan-rekannya di University of Saskatchewan-Kanada yakin bahwa mereka telah memecahkan misteri itu. Para peneliti telah menemukan bahwa arteri karotid yang membawa darah ke otak dikelilingi oleh dua dahan yang mengandung udara (sekitar 300-500 Mg udara) yang berasal dari sistem pernapasan. Oleh karena itu, ketika kuda berlatih dan berkeringat, darah panas itu berubah menjadi dahan tersebut.
Dahan ini disebut dahan parau seperti yang ditemukan pada hewan lain yang menyerupai kuda seperti zebra dan kera serta beberapa jenis kelelawar dan bahkan pada tikus hutan Amerika. Dahan parau pertama kali ditemukan pada kepala kuda tahun 1756 dan sejak itu banyak teori yang berusaha untuk mengetahui fungsi mereka.
Dr. Keith Baptiste mengatakan bahwa pada abad kedelapan belas beberapa pemikiran menyebutkan bahwa dahan ini membantu kuda dalam berenang. Dan ia menegaskan bahwa hewan-hewan ini tidak berkembang secara anatomis untuk menguasai kemampuan renang dan kuda tidak bisa berenang dengan baik. Dahan ini pastilah memiliki fungsi yang berguna membantu kuda untuk menghindari kemungkinan terinfeksi bakteri atau parasit yang mengancam kehidupan.
Tim peneliti menggunakan sensor untuk mengukur perubahan suhu pada tiga posisi berbeda, pertama ketika darah bergerak di arteri, kedua saat darah melalui dahan parau dan terakhir ketika darah mencapai otak. Sensor ini ditanamkan dalam empat kuda dan kemudian kuda-kuda ini melalui serangkaian varian latihan. Percobaan ini menunjukkan bahwa suhu mengalami penurunan setelah darah melalui dahan parau. Dr Keith Baptiste mengatakan bahwa penemuan ini akan memaksa banyak orang untuk mengubah paradigma mereka tentang sistem anatomi kuda.
Kuda dianggap sebagai salah satu alat transportasi terpenting yang Allah tundukkan untuk manusia selama bertahun-tahun. Para ilmuwan mengkonfirmasi hal ini, bahwa jika kuda tidak memiliki sistem pendingin udara di kepala maka mereka tidak akan pernah bisa berlari kencang. Allah, oleh karena itu, bersumpah dengan tunggangan, kuda-kuda yang berjalan dan berlari cepat. Allah bahkan telah mengungkapkan satu surah lengkap tentang kuda di Al-Qur’an, Al-’Adiyat sebagai cara untuk menghormati kuda dan agar kita mendapatkan rahmat-Nya yang besar sehingga kita dapat memuji-Nya, Allah Ta’ala berfirman:
“Demi kuda perang yang berlari kencang dengan terengah-engah, dan kuda yang mencetuskan api dengan pukulan (kuku kakinya), dan kuda yang menyerang dengan tiba-tiba di waktu pagi, maka ia menerbangkan debu, dan menyerbu ke tengah-tengah kumpulan musuh, sesungguhnya manusia itu sangat ingkar, tidak berterima kasih kepada Tuhannya, dan sesungguhnya manusia itu menyaksikan (sendiri) keingkarannya, dan sesungguhnya dia sangat bakhil karena cintanya kepada harta, Maka apakah dia tidak mengetahui apabila dibangkitkan apa yang ada di dalam kubur, dan dilahirkan apa yang ada di dalam dada, sesungguhnya Tuhan mereka pada hari itu Maha Mengetahui keadaan mereka.” (QS. Al-’Adiyat: 1-11).
Perkembangan pengetahuan tentang sistem terpenting dalam kuda yang ditemukan oleh para ilmuwan bertentangan dengan teori bahwa alam menciptakan dirinya sendiri, padahal alam tidak pernah bisa menyadari kebutuhan sistem tubuh seperti kuda. Satu-satunya penjelasan yang sesuai dengan adanya sistem pendingin udara di kepala kuda, yang melindungi mereka dari kerusakan otak akibat hipotermia saat menjalankan puasa adalah bukti nyata bahwa Allah sebagai pencipta. Allah Swt. yang menciptakan kuda-kuda ini telah mengatur jasa kuda kepada manusia di muka bumi, itulah mengapa Allah melengkapi mereka dengan sistem tersebut untuk menjamin bahwa mereka tidak akan punah dan agar mereka bisa berfungsi secara maksimal.Itulah sebabnya Allah berfirman:
“Dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagaldan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya.” (QS. An-Nahl: 8).
Manusia telah menggunakan kuda dalam pertempuran dan transportasi dan merekalah salah satu alasan untuk penyebaran Islam, Allah berfirman:
“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan).” (QS. Al-Anfaal: 60).
Kita juga harus ingat bahwa Nabi Muhammad mengatakan kepada kita bahwa kebaikan akan tetap (mutu baku) di dahi kuda. Oleh karena itu, setiap penemuan ilmiah harus dilihat dari perspektif ilmiah dan perspektif iman. Perspektif ilmiah dapat membantu orang mengetahui penemuan ilmuwan untuk menggunakan mereka di dunia ini dan iman bertujuan melihat makhluk Allah dan memikirkan pencipta melalui ciptaan-Nya dan menyadari rahmat Allah Swt. sebagaimana firman-Nya:
“Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (QS. Ibrahim: 34). Wallahu A’lam Bishshowwaab. [hf/islampos/kaheel7]
dan sesungguhnya dia sangat bakhil karena cintanya kepada harta

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Antara Kuda Dan Sistem Pendingin Udara Di Kepala

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global