Pembocoran Tindakan Mata-mata Oleh Pemerintah AS Merupakan ‘Kasus Terpenting Yang Pernah Terjadi’


Edward Snoden
Harian Daily Mail menggambarkan pembocor tindakan mata-mata (Snoden) yang dilakukan pemerintah AS sebagai salah satu generasi baru whistle blower (pengungkap kasusu).
Umumnya,  para pembocor rahasia yang telah membocorkan rahasia pemerintah melakukan persembunyian, kata harian tersebut. Namun, hal ini “tidak berlaku bagi pria berumur 29 tahun ini,” kata berita itu. Alih-alih menunggu hingga identitasnya terungkap, pria ini  malah mengungkapkan identitas dirinya sehingga menjadi pusat perhatian tersebut.
Daniel Ellsberg, pembocor Dokumen Pentagon tahun 1971, menulis dalam The Guardian bahwa belum ada dalam sejarah AS kebocoran yang lebih serius dari kasus Snowden ini – dan ini, Ellsberg melanjutkan, tentu saja termasuk pengakuannya sendiri. Harian Daily Telegraph melaporkan bahwa Amerika Serikat menahan diri untuk mengekstradisi Snowden.
Menurut Times, AS memiliki perjanjian ekstradisi dengan Hong Kong – tempat dimana dia meminta perlindungan – tapi Beijing memiliki hak veto.
Rupert Cornwell dalam Independent menyangsikan apakah China, yang merupakan tertuduh pencuri rahasia elektronik AS, memiliki kata akhir apakah Snowden akan diekstradisi atau tidak untuk menghadapi pengadilan bagi para penyusup cyber-AS. (khilafah.com)
[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Pembocoran Tindakan Mata-mata Oleh Pemerintah AS Merupakan ‘Kasus Terpenting Yang Pernah Terjadi’

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global