Kebijakan Dalam dan Luar Negeri Rowhani, Presiden Baru Iran

Hassan Rowhani , Presiden terpilih Iran telah menyampaikan beragam sikapnya kepada pemilihnya. Berikut ini adalah beberapa pernyataannya atas beberapa isu penting saat kampanye berlangsung:
Isu Gender
“Diskriminasi terhadap wanita tidak bisa ditolerir.
Masalah Nuklir Iran
“Kami akan berusaha agar hak-hak kami untuk mendapatkan nuklir diakui, sebagaimana kita berusaha agar sanksi ekonomi dicabut. Kami butuh energi nuklir untuk kemajuan bangsa dan pemerintahan saya akan memastikan hak ini diakui dengan mudah.
Hubungan Iran-AS
“AS adalah realitas dunia yang tidak dapat dipungkiri. Negara itu adalah negara adidaya, kekuatan ekonomi, militer, dan  ilmu pengetahuan nomor satu di dunia.
“Pertama kali, kami akan mengubah hubungan permusuhan menjadi hubungan negara dengan negara meskipun masih terdapat ketegangan, dan pada tahap kedua kami akan menurunkan ketegangan tersebut secara bertahap. Setelah itu, baru kami akan pikirkan hubungan kami selanjutnya.
Isu Ekonomi
“Saya datang untuk menyelamatkan ekonomi Iran dan menjalin interaksi konstruktif dengan dunia melalui pemerintah yang bijak dan penuh harapan.
“Pemerintahan ini (Presiden Mahmoud Ahmadinejad) mempermainkan sanksi ekonomi, menganggapnya sebagai kertas memo, padahal  kami bisa menghindarinya dan bahkan menguranginya.
Isu Pengangguran
“Ada 3,5 juta orang yang menganggur di Iran, dan 867.000 orang merupakan lulusan universitas. Kita harus berkonsentrasi kepada produk  nasional dan pengembangan teknologi. Kita akan berinvestasi pada usaha sektor kecil yang tidak memerlukan banyak modal.
Afiliasi Politik
“Secara pribadi, saya meyakini bahwa sebagian besar orang mencari jalan moderat dan rasionalitas. Dalam semua karir politik saya, saya memiliki hubungan sangat baik dengan kalangan moderat baik dari faksi-faksi politik, kaum reformis dan kaum konservatif. Saya percaya bahwa sebagian besar masyarakat kita terdiri dari kalangan moderat. “. (agus/alarabiya.net,15/6)
[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Kebijakan Dalam dan Luar Negeri Rowhani, Presiden Baru Iran

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global