BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

blt
Oleh: Fatih Anshary
DENGAN bangga pemerintah mengumumkan akan berikan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebesar Rp 50.000, per KK per bulan kepada keluarga miskin atau rata – rata Rp5.000 per hari per KK.
Biaya makan paling murah seekor anjing peliharaan di Indonesia rata – rata Rp 10.000/ ekor/ hari. Kalau anjing Herder penjaga keamanan maka biaya makannya bisa mencapai Rp40.000/ekor/hari.
Jika kita bandingkan, maka biaya makan termurah satu ekor anjing perhari ternyata setara dengan biaya BLSM dua keluarga pe rhari. Dengan hitungan rata – rata setiap KK terdiri dari 4 jiwa maka biaya makan termurah seekor anjing ternyata setara dengan biaya BLSM delapan (8) orang Indonesia. Tapi jika dibandingkan dengan anjing Herder maka biaya makan anjing Herder setara dengan biaya BLSM bagi 32 orang di Indonesia.
Entah bagaimana cara pandang pemerintah terhadap rakyatnya sehingga biaya makan seekor anjing setara dengan dana BLSM bagi 8 hingga 32 orang.
Apakah mungkin anjing lebih berharga dari manusia, atau mungkin pemerintah berharap agar negara ini diwarisi oleh anak cucu para anjing sehingga makan para anjing itu jauh lebih bergizi jika dibandingkan makan yang didapat anak – anak para petani dan buruh miskin dari alokasi dana BLSM?
Perlawanan Kamareodin yang bergelar Sutan Ratu Agung Sempurnadjadja mantan Djaksa Landraad di Kalianda pada tahun 1927 zaman Hindia Belanda bermula dari kemarahannya melihat kenyataan bahwa penghasilan rakyat Indonesia hanya sebenggol sehari sementara makan anjing peliharaan Belanda 3 talen sehari!
Apakah fakta BLSM dan biaya makan anjing serta perbandingan sejarah masa Hindia Belanda dengan kenyataan hari ini menjadi sebuah pertanda zaman atas maraknya ketidakadilan yang akan melahirkan perlawanan rakyat sama seperti perlawanan rakyat terhadap kumpeni? Apakah BLSM itu sebuah penghormatan atau penghinaan terhadap Rakyat? [][www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for BLSM, Penghormatan Ataukah Penghinaan Terhadap Rakyat?

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global