Ada Deal Pemerintah dan Golkar?

 Anggota Fraksi PDIP DPR Hendrawan Supratikno menduga ada kesepakatan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Golkar soal pasal 9 ayat 2 APBNP 2013. Sebab, partai berlambang pohon beringin itu sangat ngotot menyetujui APBNP, penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan pengaluran bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) dalam paripurna DPR.

"Saya rasa ada korelasi antara dukungan Golkar terhadap APBNP 2013 dengan pasal 9. Tetapi apakah pasal 9 ini dijadikan pra kondisi bagi Golkar untuk berikan dukungan, kita bisa menyampaikan dugaan. Tapi korelasinya pasti ada," ujar Hendrawan di Gedung DPR, Senayan, Rabu (19/6/2013).

Dari kesepakatan pasal 9 APBNP 2013, menurut dia, Golkar mendapatkan keuntungan soal alokasi dana bagi bencana lumpur Sidoarjo yang dianggap sebagai sebuah bencana alam.

"APBNP beri tambahan dana untuk dampak lumpur Sidoarjo. Munculnya lumpur ini karena kelalaian saat mengebor, tentu kita tidak bisa menjadikan tanggung jawab sepenuhnya dari pemerintah, konsekuensi APBN yang menanggung," jelasnya.

Hendrawan menilai masuknya pasal 9 yang mengatur soal anggaran penangulangan lumpur Sidoarjo karena adanya tekanan politik yang kuat. Tekanan itu muncul dari Partai Golkar selaku partai politik yang selama ini memperjuangkan soal lumpur Sidoarjo tersebut.

"Karena tekanan-tekanan politik. Golkar partai kuat, Golkar punya jaringan yang kuat. Itu sebabnya pemerintah abaikan partai yang lain, partai kecil seperti PKS. Kalau untuk Golkar terlalu berat biaya politiknya," tandasnya.[](inilah/fm) [www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Ada Deal Pemerintah dan Golkar?

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global