Caleg Didanai Asing Sangat Berbahaya, Waspada !

JAKARTA - Ketua Koalisi Anti Utang (KAU) Dani Setiawan mengingatkan calon Legislatif dilarang  menggunakan dana asing dalam pembiayaan kampanye. Hal tersebut masih menjadi kontroversi dalam undang-undang No. 2/2008 jo UU No. 2/2011. "Peraturan tersebut sama sekali tidak mengatur batasan dana kampanye setiap Parpol," jelas Dani Setiawan dalam diskusi di daerah Tebet, Jakarta, Senin (29/4/2013).
Menurutnya, UU No. 2/2008 jo UU No. 2/2011 sumber keungan Parpol berasal dari, iuran anggota, sumbangan sah menurut hukum dan anggaran dari APBN/APBD akan tetapi tidak mengatur tentang dana kampanye.
Hal tersebut menimbulkan pasar bebas dalam pendanaan kampanye politik dimana Caleg akan menghalakan segala cara untuk mendapatkan suntikan dana segar. Terlebih jika masuknya campur tangan asing dalam penadaan seorang Caleg bukan tidak mungkin syarat akan kepentingan asing pula.
"Kebutuhan akan pendanaan yang sangat besar menyebabkan partai politik berlomba-lomba mengakumulasi sumber dana, termasuk dari sumber-sumber yang haram dan pendanaan pihak asing," terangnya.

Selain itu, Dani menambahkan bagi partai politik (Parpol) yang memiliki kekuasaan dan memiliki akses untuk memanfaatkan aset negara menjadi sangat riskan dalam penyelewengan anggran dari negara.
"Modus yang sering ditemukan adalah menggunakan kekuasaan politik untuk merampok anggaran negara, baik dalam konteks APBN maupun APBD," jelasnya lagi.
Menurutnya. harus ada pengawasan terhadap modus penyalah gunaan dana APBN/APBD. Bahkan Kementrian atau lembaga yang dipimpin oleh Menteri bisa menjadi ladang penyalahgunaan anggaran negara.
"Modus penyalahgunaan APBN/APBD harus diwaspadai, termasuk alokasi anggaran yang dikelola Kementerian/Lembaga yang dipimpin oleh menteri yang berasal dari Parpol," tegasnya.[ian/psn]
[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Caleg Didanai Asing Sangat Berbahaya, Waspada !

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global