Video Mujahidin Asal China Yang Berjuang di Suriah Muncul di Youtube

NEW YORK, , - Sebuah video YouTube baru menunjukkan seorang warga China dari suku Han turut berjihad melawan rezim Presiden Suriah Bashar Al-Assad, sebuah langkah yang dilihat oleh para analis sebagai pesan kepada Beijing untuk mengubah posisi pada konflik Suriah.

"Bashar al-Assad membantai setiap muslim di sini dengan darah dingin, termasuk anak-anak dan perempuan," kata pria asal China yang mengidentifikasi dirinya sebagai Yusuf dalam bahasa Mandarin dalam video yang dikutip olehThe New York Times pada hari Sabtu, 30 Maret sebagaimana dilansir onislam.net.

"Orang-orang tidak memiliki kebebasan, demokrasi tidak ada, tidak ada keamanan dan tidak ada penghormatan sini, tidak sama sekali," tambah pria, yang dengan nama China Bo Wang tersebut. Video tersebut juga terdapat subtitle dalam bahasa Inggris.

Video ini pertama kali diposting di YouTube pada 17 Maret oleh seorang user bernama ayahm84. Kemudian, video ini juga muncul di Youku, sebuah situs video-sharing populer di China, oleh seseorang yang menggunakan user name, "Bashar al-Assad." Namun video ini langsung dihapus di youku, kemungkinan oleh sensor karena isi video itu terlalu menghantam para pejabat China.

Dalam video tersebut,  Bo Wang memberitahu pemerintah China untuk melepaskan dukungan kepada Assad atau semua negara Islam dunia akan bersatu untuk menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap pemerintah China.

Video, yang berdurasi selama tiga menit, 26 detik, dibuka dengan nasyid Islami dan  judul  teks putih dengan latar belakang hitam. Pada layar video tersebut tertera nama “The Mujahedeen Brigade in the Land of Sham.”

Selain mengecam rezim Bashar Assad, Bo Wang juga berbicara mengenai sejarah persahabatan masa lalu Islam dan China secara singkat. Namun menurutnya, sekarang pemerintah China telah menghancurkan persahabatan itu. 

Analis mengutarakan pendapat bahwa video tersebut mengirimkan pesan yang jelas kepada pemerintah Cina untuk mengubah kebijakan mendukung Assad.

"Kami sudah tentu mendengar mualaf Amerika dan negara Barat lainnya yangberjuang bersama jihadis," kata Bruce Hoffman, seorang profesor di Georgetown University dan mantan analis di RAND Corporationyang mempelajari pemberontakan dan terorisme.

"Saya tahu  meskipun tidak ada China Han (yang menjadi Islam). Saya rasa bahwa pejabat China tidak akan senang dengan perkembangan ini."

Han adalah kelompok etnis yang dominan di China dan umumnya tidak memeluk Islam. Dua etnis yang paling menonjol dari etnis Muslim di China adalah Hui dan Uighur, yang mengeluhkan diskriminasi oleh etnis Han dan oleh Partai Komunis yang didominasi orang dari suku Han.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri China mengatakan tidak memiliki komentar mengenai video ini.

Mujahidin China bukanlah pejuang asing satu-satunya yang bergabung dengan pasukan pejuang Suriah melawan rezim Assad. Estimasi menunjukkan bahwa puluhan Muslim dari Chechnya dan Kaukasus Utara ikut berjuang melawan pasukan Assad di Suriah. [har]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Video Mujahidin Asal China Yang Berjuang di Suriah Muncul di Youtube

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global