Tak Punya Jemaat, Ratusan Gereja Mangkrak Disulap Jadi Rumah Tinggal

UTRECHT– Kristen anjlog, ratusan gereja di Belanda kosong dari jemaat dan tidak digunakan lagi. Supaya tidak digusur, gereja disulap jadi rumah tinggal.
Kebanyakan bangunan berarsitektur indah di dunia berasal dari tempat ibadah. Misalkan saja St Peter’s Basilica di Vatikan, Hagia Sophia di Istanbul, dan Notre Dame Cathedral di Paris. Dengan jendela-jendela besar dan atap yang tinggi, tak heran jika banyak yang menginginkan tempat-tempat ini untuk menjadi rumah.
Begitulah yang dialami oleh gereja St Jakobus di Utrecht, Belanda, yang kosong karena tak dipakai kebaktian.
Desainer Zecc Architects merombak total gereja ini menjadi rumah, atas permintaan klien mereka, Woonkerk XL di tahun 2009. Nuansa modern dari interior rumah merupakan desain yang terinspirasi oleh tipe Bauhaus.
Menyulap gereja menjadi rumah tinggal adalah tindakan yang sangat tepat. Karena berdasarkan data Home DSGN, ada ratusan gereja kosong di Belanda yang sudah tidak digunakan, seperti dilansir oleh Huffington Post baru-baru ini.
Beberapa gereja bahkan akan dihancurkan. Tentu saja hal ini tidak diinginkan oleh para pemeluk agama Kristen. Untuk itu, daripada dihancurkan dan tidak digunakan, perusahaan-perusahaan seperti Zecc merombak menyulap gereja menjadi rumah tinggal dengan mempertahankan keaslian bangunan dan sejarahnya. [taz/mdk, huf/www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Tak Punya Jemaat, Ratusan Gereja Mangkrak Disulap Jadi Rumah Tinggal

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global