Survei Indo Barometer: Demokrat dan PKS Terpuruk

JAKARTA - DPP bidang pemuda PDI Perjuangan bekerjasama dengan lembaga survei Indo Barometer melakukan survei terhadap elektabilitas parpol saat ini.Hasilnya, PDIP memuncaki 'klasemen', sedangkan Partai Demokrat (PD) dan PKS terjun bebas.
"Ini penting, untuk pertama kali PDIP menduduki posisi pertama. Untuk setiap survei kita selalu satu-dua dengan Golkar," kata Ketua DPP PDIP bidang Pemuda, Maruarar Sirait, dalam publikasi survei pemuda Indo Barometer di Kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2013).
Survei ini dilakukan oleh DPP bidang pemuda PDI Perjuangan bekerjasama dengan lembaga survei Indo Barometer. Survei dilakukan tanggal 15-25 Maret 2013 dengan 1200 responden dari 33 provinsi di Indonesia. Margin error 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
Responden dipilih dengan metode multistage random sampling dengan menghasilkn populasi pemilih muda Indonesia. Definisi pemilih muda dalam survei ini berusia antara 16 tahun sampai 30 tahun. Wawancara terhadap responden dilakukan dengan metode wawancara dan kuisioner.
Meskipun hasil survei positif, menurut Maruarar, PDIP masih punya pekerjaan rumah. Karena Pemilu 2014 masih setahun lagi.
"PR kita saat ini untuk merebut massa mengambang, masa yang dari partai lain, dan mempertahankan yang sudah ada," kata Maruarar.
Berikut hasil survei elektabilitas parpol hasil kerjasama DPP bidang pemuda PDI Perjuangan dengan Indo Barometer, jika Pemilu digelar hari ini :
PDI Perjuangan: 18,8 persen
Partai Golkar: 17,5 persen
Partai Gerindra: 14,3 persen
Partai Demokrat: 4,8 persen
PKB: 3,2 persen
Partai NasDem: 2,9 persen
PAN: 2,6 persen
PKS: 1,9 persen
Hanura: 1,5 persen
PPP: 1,1 persen
Tidak memilih: 1,0 pesen
Belum tahu: 30,3 persen
[dtk/ian]
[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Survei Indo Barometer: Demokrat dan PKS Terpuruk

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global