Para pemuda Muslim Lebanon mulai daftarkan diri untuk pergi Jihad ke Suriah
SAIDA  – Para pemuda Muslim Lebanon dari kota Saida, bagian selatan Beirut, mulai mendaftarkan diri pada Rabu (24/4/2013) untuk bergabung dengan Jihad ke Suriah, merespon seruan ulama Ahlu Sunnah Syaikh Ahmad al-Asir, seperti dilaporkan oleh Al Arabiya.
Orang-orang yang bertugas mendaftarkan para pemuda di Masjid Bilal bin Rabah mengatakan kepada Al Arabiya bahwa sejauh ini ratusan pemuda telah mendaftarkan diri dan jumlahnya diperkirakan akan meningkat mencapai ribuan.
Pendaftaran ini dimulai setelah Syaikh al-Asir pada Senin (22/4) mengumumkan pembentukan “Kelompok Perlawanan Merdeka” dari kota Sidon, untuk mengangkat panji jihad di kawasan Qushair, propinsi Homs, Suriah.
“Berdasar fatwa syariat, kami mewajibkan kepada setiap Muslim dalam negeri Lebanon maupun di luar Lebanon, untuk menyambut seruan kaum yang tertindas dan kaum Muslimin di manapun mereka berada,” kata Syaikh al-Asir.
“Siapa pun yang mampu berangkat menuju rakyat kita di Suriah, hendaklah ia masuk ke Suriah untuk membela rakyatnya, masjid-masjidnya, dan wilayah-wilayahnya. Terlebih untuk menolong rakyat yang dizalimi di kota Qushair, Homs dan wilayah-wilayah perbatasan utara,” tegas Syaikh.
Kota Qushair merupakan titik penghubung antara propinsi Homs, Suriah dengan wilayah-wilayah Lebanon. Kota strategis itu juga menghubungkan jalur Damaskus dengan wilayah pesisir Suriah. (siraaj/arrahmah/www.globalmuslim.web.id)