Konfrensi Pers Ormas Jawa Barat, Tegaskan Tolak RUU Ormas

BANDUNG,  - Bertempat di Rumah Makan Ampera di Jalan Suci Bandung, sejumlah organisasi massa (ormas) menggelar jumpa pers Selasa 02/04 kemarin, dalam rangka menolak RUU Ormas yang sedang digodok di DPR saat ini.

Diantara ormas yang hadir adalah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) cabang Jawa Barat, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Jabar, Muhammadiyah Jabar dan Syarikat Islam.

Dalam kesempatan ini DDII Jabar sekaligus menyangkal bahwa DDII tidak bergabung dengan lembaga yang digagas Ketua PBNU Said Aqil Siraj dalam rangka mendukung RUU Ormas.

"Ketua umum kami menyatakan DDII tidak terhubung dengan organisasi tersebut dan tidak mendapatkan undangan apapun dalam rangka mendukung RUU Ormas ini," ujar Muhammad Roinul Balad, Sekretaris Umum DDII.

Isu paling sensitif dalam RUU Ormas adalah pasal yang membahas soal asas Ormas."Pilihannya ada dua. Pertama, apakah perlu mencantumkan Pancasila dan UUD 1945 ditambah dengan asas ciri Ormas. Kedua, tidak mencantumkan Pancasila tapi, langsung mencantumkan asas yang disepakati Ormas selama tidak bertentangan dengan Pancasila." 

Menurut DDII, Nilai-nilai filosofis Pancasila sudah ada dalam nilai-nilai Islam. Justru nilai Pancasila akan hidup dan lebih kokoh dalam kehidupan bernegara apabila Islam bisa digunakan untuk menjadi asas Ormas Islam.

Sementara itu, Syarikat Islam sebagai ormas tertua di Indonesia dengan tegas juga menolak RUU Ormas itu. "Kami telah mencantumkan Asas perjuangan ini adalah dienul Islam. Kami sudah menyebutkan bahwa syahid adalah tujuan. Berbeda dengan Soekarno yang berkhianat dengan perjuangannya sendiri," tegas Adam Anhari dari Syarikat Islam.

"Kalau UU Ormas ini tanggal 9 April disahkan oleh presiden, akan sangat kontraproduktif dan akan ada perlawanan, kami pun tidak akan tinggal diam. Nanti akan mengkerdilkan Ormas. Ormas Islam sudah berjalan bahkan memiliki sekolah-sekolah resmi. Apabila Ormas yang mencantumkan asas Islam tidak diberi Surat Keterangan Terdaftar (SKT) karena menentang UU ini, akan sangat menghambat kiprah kami secara administratif." 

"Kalau pemerintah tetap melakukan penekanan terhadap Ormas Islam, silakan berkaca pada kejadian masa lalu. Kami tidak akan tinggal diam. Kami mencintai negeri ini dan harus menyelamatkannya dari kedzaliman penguasa," tandas Adam yang menjabat Ketua II Syarikat Islam Jabar.
[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Konfrensi Pers Ormas Jawa Barat, Tegaskan Tolak RUU Ormas

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global