Ini Dia Keanehan Hasil Investigasi TNI AD Kasus Cebongan

Kopassus 3Tim Investigasi TNI AD dalam kasus penyerbuan Lapas Cebongan, Sleman, DIY hanya menyebutkan oknum prajurit Kopassus yang terlibat.Padahal dalam ketentaraan ada yang bertanggungjawab terutama dari kalangan perwira.

"Penyelidikan telah menyebut sejumlah pelaku dari Kopassus, tetapi tidak menyebut para penanggungjawab," kata Ketua Eksekutif Indonesia Human Rights Committee for Social Justice (IHCS) Gunawan kepada itoday, Jumat (05/04).

Kata Gunawan, oknum anggota Kopassus yang menyerbu Lapas Cebongan dari Gunung Lawu ke Yogyakarta tentunya melewati Kartasura di mana Markas Group 2 Kopassus berada.

Menurut Gunawan, penyelidikan TNI AD mengartikan sempit jiwa korsa yang sekedar diartikan kesetiakawan atau solidaritas prajurit. Jiwa korsa haruslah diartikan kebersamaan prajurit dalam menegakan Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan Janji Prajurit Komando serta nama baik Kopassus

"Apalagi salah satu jargon Kopassus adalah "Kehormatan adalah Utama".  Apalagi salah syarat menjadi prajurit Kopassus adalah lulus tes psikologi L1-L9, salah satunya adalah mampu mengendalikan emosi," papar Gunawan.

Selain itu, Gunawan juga meminta pihak Kepolisian harus mempertanggungjawabkan atau menjawab pertanyaan, kenapa para tahanan tidak ditahan di Markas Brimob dan kenapa tidak memberikan penjagaan ekstra di LP Cebongan.

Walaupun ada beberapa kritik yang diutarakan, Gunawan mengapresiasi TNI yang telah dengan cepat mengumumkan hasil penyelidikannya mendahului penyelidikan kepolisian dan Komnas HAM.

"Namun karena kasus ini sesungguhanya adalah lintas instansi, dan telah berdimensi politik karena menyedot perhatian publik, sehingga sebaiknya penyelidikan dilakukan Tim Gabungan Pencari Fakta," pungkas Gunawan. [www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Ini Dia Keanehan Hasil Investigasi TNI AD Kasus Cebongan

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global