Democrazy, Total Dana Kampanye Caleg Diprediksi Minimal Rp 15 Triliun

Jakarta - Pesta demokrasi di Indonesia diprediksi masih menjadi perputaran uang dalam jumlah besar. Dana kampanye caleg secara total diprediksi melebihi Rp 15 triliun.

"Uang beredar selama kampanye di Pileg kita perkirakan minimal Rp 15 triliun," kata Direktur Lingkar Madani Untuk Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti, kepada detikcom, Selasa (30/4/2013).

Angka sebesar itu paling besar berasal dari dana kampanye caleg DPR RI. Untuk caleg DPR RI diperkirakan setiap anggota mengeluarkan dana kampanye sekitar Rp 1-6 miliar.

"Jika ditotal ada sekitar 5600-an caleg, kita buat rata-rata Rp 1 miliar saja totalnya sekitar Rp 6,5 triliun," kata Ray.

Sementara di tingkat DPRD Provinsi dana kampanye calegnya diperkirakan sekitar Rp 6 triliun. Sedangkan dana kampanye caleg DPRD kabupaten/kota diperkirakan antara Rp 3-4 triliun.

"Totalnya sekitar Rp 15 triliun, saya kira lebih. Masalahnya apakah uang sebesar itu diperoleh dengan cara halal?" kritiknya.

"Dugaan kita ada dana tidak halal, seperti di Pilkada ada pengusaha memberi modal dengan iming-iming pemberian izin tambang. Bisa saja ada kompensasi izin eksplorasi sumber daya alam atau pengamanan investasi asing," duganya.
[detik/www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Democrazy, Total Dana Kampanye Caleg Diprediksi Minimal Rp 15 Triliun

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global