Pengungsi Suriah tembus 1 juta jiwa

Eksodus warga Suriah meningkat selama beberapa minggu terakhir.
Data resmi PBB menunjukkan jumlah pengungsi terdaftar yang melarikan diri dari perang di Suriah kini mencapai satu juta orang.
PBB mengatakan eksodus rakyat Suriah meningkat pesat selama beberapa minggu terakhir.
Sepertiga jumlah tersebut mengungsi awal tahun ini.
“Dengan satu juga mengungsi ke luar negeri, jutaan lainnya mengungsi di dalam negeri, dan ribuan lainnya terus menyeberang perbatasan setiap hari, Suriah terjerumus ke bencana skala penuh,” kata Komisioner PBB untuk Pengungsi, Antonio Guterres, Rabu (06/03).
Negara-negara yang berbatasan dengan Suriah kedatangan ribuan pengunsi baru setiap hari dan menghadapi kesulitan menangani mereka.
Sebagian besar pengungsi Suriah menyelamatkan diri ke Lebanon, Yordania, Turki, Irak dan Mesir
Di Lebanon, jumlah pengungsi Suriah hampir mencapai sepertiga juta jiwa dan membuat penduduk Lebanon membengkak sebesar 10%.
Turki menampung sekitar 185.000 pengungsi dan telah menghabiskan dana lebih dari US$600 juta untuk mendirikan 17 kamp pengungsi dan terus mendirikan kamp baru guna mengakomodasi membanjirnya warga Suriah.
Badan-badan bantuan mengeluh bahwa bantuan yang mereka terima jauh lebih sedikit dibanding jumlah dana US$1,5 miliar yang dijanjikan oleh donatur internasional untuk membantu meringankan nasib pengungsi.
“Kita melakukan semua langkah yang bisa ditempuh untuk membantu, tetapi kapasitas tanggap kemanusiaan internasional tidak mencukupi. Tragedi ini harus dihentikan,” kata Antonio Guterres.
Jumlah pengungsi Suriah melebihi perkiraan para ahli PBB yang sebelumnya mengatakan jumlah pengungsi Suriah tidak akan mencapai satu juta sebelum Juni 2013.[] bbc
[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Pengungsi Suriah tembus 1 juta jiwa

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global