Manning: Rakyat AS Harus Tahu Ongkos Perang Sebenarnya

gal408138353.jpg (500×373)Prajurit Amerika Serikat Bradley Manning mengaku menjadi sumber dari informasi-infomasi rahasia yang dimuat oleh situs WikiLeaks, lapor Euronews Jumat (1/3/2013).
Di hadapan pengadilan militer, Manning yang hanya berpangkat prajurit satu itu mengaku bersalah atas 10 dari 22 dakwaan yang dituduhkan jaksa atas dirinya.
Pemuda berusia 25 tahun itu mengaku membocorkan dokumen rahasia milik pemerintah, sebab rakyat Amerika harus mengetahui “ongkos sebenarnya” dari perang yang dilakoni negaranya di luar negeri.
Manning ditangkap aparat berwenang pada bulan Mei 2010, karena mengirimkan WikiLeaks ratusan ribu laporan intelijen, kabel diplomatik dan juga video-video pertempuran di lapangan yang dilakukan oleh tentara AS, termasuk rekaman dari helikopter Apache yang menembaki warga sipil dan dua reporter Rueters di Iraq.
Jika Manning mengakui dakwaan-dakwaan jaksa, dia terancam hukuman maksimum penjara 20 tahun, yang akan dikurangi sebab kekerasan yang diterimanya selama ditahan di pangkalan angkatan laut Quantico, Virginia, selama 1.000 hari. Manning dikurung dalam sel isolasi selama 23 jam sehari.
Manning mengaku tidak bersalah atas 12 dakwaan jaksa, termasuk di antaranya membantu musuh negara, yang bisa mengantarkannya pada hukuman seumur hidup.
Pengadilan Manning akan dimulai pada bulan Juni mendatang.* [www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Manning: Rakyat AS Harus Tahu Ongkos Perang Sebenarnya

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global