Israel Klaim Hubungan Diplomatik Dengan Turki Sudah Kembali Normal

Netanyahu-Erdogan
ISRAEL telah mengumumkan dimulainya kembali hubungan penuh diplomatik dengan Turki setelah meminta maaf terkait atas kematian sembilan aktivis Turki dalam serangan Israel kepada armada internasional yang menunju Gaza dua tahun yang lalu.
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Jumat kemarin (22/3/2013) mengatakan bahwa ia telah meminta maaf kepada Turki selama percakapan telepon dengan PM Turki Recep Tayyip Erdogan atas serangan mematikan 2010 terhadap kapal Mavi Marmara.
Dia juga menerima permintaan Ankara untuk memberikan kompensasi yang harus dibayarkan kepada keluarga dari sembilan aktivis yang tewas.
Kesepakatan itu dilaporkan ditengahi oleh Presiden AS Barack Obama selama kunjungannya ke Israel. Netanyahu sebelumnya hanya menyatakan penyesalannya atas kematian warga Turki namun menolak untuk meminta maaf secara terbuka.
Hubungan Tel Aviv-Ankara memburuk setelah pasukan komando Israel menyerang kapal bantuan Turki, Mavi Marmara, di perairan internasional pada Mei 2010.
Turki sebelumnya telah menuntut permintaan maaf resmi dari rezim Israel atas serangan mematikan terhadap Mavi Marmara, memberikan kompensasi kepada keluarga korban dan mengakhiri blokade Gaza sebagai prasyarat untuk normalisasi hubungan timbal balik.(fq/islampos/prtv/www.globalmuslim.web.id)

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Israel Klaim Hubungan Diplomatik Dengan Turki Sudah Kembali Normal

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global