AS Serahkan Penjara Bagram ke Pemerintah Afghanistan

KABUL,  - Pemerintah Afghanistan telah mengambil kendali dari penjara Bagram dari pasukan pimpinan Amerika yang ditempatkan di negara itu.

Upacara pengalihan kendali berlangsung pada hari Senin saat Menteri Pertahanan Afghanistan Bismillah Mohammadi dan Jenderal Joseph Dunford, Kepala International Security Assistance Force (ISAF) di Afghanistan, menyelesaikan perjanjian untuk menyerahkan penjara Bagram kepada pemerintah Afghanistan, demikian laporan presstv.

"Pengalihan fasilitas penahanan merupakan bagian penting dari transisi keseluruhan keamanan," kata Dunford, menambahkan bahwa penyerahan ini membuat Afghanistan lebih berdaulat.

Sebelumnya, serah terima dijadwalkan berlangsung pada tanggal 9 Maret, tapi negosiasi ditunda setelah AS mengatakan akan menghentikan pelepasan beberapa tahanan yang dianggap berbahaya. Para pejabat Afghanistan sekarang telah meyakinkan Washington bahwa pejuang berbahaya akan tetap mati di medan perang.

Sejak Maret 2012, ketika Washington dan Kabul mencapai kesepakatan untuk sepenuhnya menyerahkan penjara Bagram kepada pemerintah Afghanistan, lebih dari 3.000 tahanan telah diserahkan kepada pihak berwenang Afghanistan atau dibebaskan.

Pada bulan November 2012, Karzai memerintahkan pasukan Afghanistan mengambil alih penjara dan menuduh para pejabat AS gagal untuk sepenuhnya mematuhi ketentuan nota kesepahaman pada penahanan.

Berdasarkan rencana saat ini, Amerika Serikat dan NATO akan tetap menempatkan 352.000 personil di Afghanistan, perampingan jumlah menjadi 230.000 dilakukan setelah 2015.

Namun, Jenderal Lloyd Austin, komandan baru dari Komando Sentral AS (CENTCOM), baru-baru ini berjanji untuk menjaga dalam jumlah besar tentara Amerika di Afghanistan, meskipun pernyataan oleh NATO akan mengurangi jumlah pasukan asing. [har]

ket gambar: Menteri Pertahanan Afghanistan Bismillah Mohammadi (kiri) dan Jenderal Joseph Dunford melakukan serah terima penjara Bagram kepada pemerintah Afghanistan pada tanggal 25 Maret 2013.
[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for AS Serahkan Penjara Bagram ke Pemerintah Afghanistan

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global