Angka Pengangguran di Eropa Meningkat

Angka pengangguran di zona euro meningkat mencapai rekor baru pada bulan Januari.
Angka pengangguran di 17 negara yang menggunakan mata uang euro pada Januari mencapai 11,9% naik dari sebelumnya 11,8% di bulan Desember, demikian badan statistisk Eurostat.
Negara dengan pengangguran tertinggi adalah Yunani yang mencapai 27%, meski angka itu berasalh dari hitungan November silam, sementara angka terendah adalah Austria, 4,9%.
Sejumlah negara lain yang mencapai rekor pengangguran tertinggi adalah Spanyol sebesar 26,2% dan 17,6% di Portugal.
Eurostat juga mengatakan inflasi zona euro turun menjadi 1,8% di bulan Februari.
Inflasi ini merupakan yang terendah dalam dua tahun, sejalan dengan target inflasi Bank Sentral Eropa, ECB, tetapi mendekati 2%.
Pengamat mengatakan tingginya angka pengangguran dan inflasi rendah sepertinya akan membuat ECB memangkas suku bunga yang saat ini dipatok 0,75%.
“Semua data mendukung pemangkasan, yang bisa kita lihat di kuartal kedua,” kata Sarah Hewin dari Standard Chartered.
”Mereka bisa memutuskan paling cepat pekan depan, tetapi ada sebuah elemen yang diinginkan ECB untuk tetap aman saat kita memasuki situasi politik yang tidak jelas dengan pertanyaan soal utang Italia dan Siprus harus diatasi.” (bbc, 2/3/www.globalmuslim.web.id)

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Angka Pengangguran di Eropa Meningkat

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global