Teroris AS Mulai Tarik Peralatan Militer dari Afghanistan Melalui Jalur Pakistan

timthumb.php (208×156)ISLAMABAD, PAKISTAN  AS telah mulai menggunakan jalur darat melalui Pakistan untuk menarik peralatan militer Amerika dari Afghanistan ketika negara itu mengurangi jumlah pasukannya di negara yang diamuk perang tersebut, para pejabat AS dan Pakistan mengatakan Senin (11/2/2013)

AS memindahkan 50 kontainer pengiriman ke Pakistan selama akhir pekan, kata Marcus Spade, juru bicara pasukan AS di Afghanistan. Kontainer-kontainer tersebut adalah konvoi pertama yang menyeberang ke Pakistan sebagai bagian dari penarikan Afghanistan, katanya.

Dua puluh lima kontainer yang berasal dari basis di distrik Afghanistan selatan Kandahar memasuki Pakistan melalui perbatasan di Chaman di barat daya provinsi Balochistan pada Sabtu, kata Ata Mohammed, seorang pejabat pengiriman.

25 kontainer lain memasuki Pakistan pada hari Ahad melalui perbatasan utama Afghanistan lainnya menyeberang di Torkham di wilayah suku baratlaut Khyber, kata Mohammed Yousuf, seorang pejabat politik lokal.

Pakistan akan menjadi rute utama bagi AS untuk menarik puluhan ribu kontainer peralatan perang keluar dari Afghanistan yang terkurung daratan ketika menarik sebagian besar pasukan tempur yang keluar pada akhir 2014.

Pakistan menutup rute tersebut selama hampir tujuh bulan setelah serangan udara AS menewaskan 24 tentara Pakistan di sebuah pos di sepanjang perbatasan Afghanistan pada bulan November 2011. Islamabad membuka kembali rute pada Juli 2012 setelah Washington meminta maaf atas pembunuhan tersebut.

Selama penutupan rute Pakistan, AS harus menggunakan jalur yang lebih jauh, lebih mahal yang membentang di bagian utara dari Afghanistan melalui Asia Tengah dan Rusia. AS juga telah menggunakan rute itu untuk menarik peralatan.

Tidak jelas apa yang membawa AS begitu lama untuk mulai menarik peralatan melalui rute Pakistan, yang membentang keluar dari Afghanistan selatan ke kota pelabuhan Karachi, namun diperkirakan seringnya serangan terhadap konvoi suplay NATO ke Afghanistan oleh para pejuang Islam di jalur itu merupakan salah satu alasan utama penundaan tersebut. (an/dawn/www.globalmuslim.web.id)

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Teroris AS Mulai Tarik Peralatan Militer dari Afghanistan Melalui Jalur Pakistan

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global