Peringati Hari Hijab, Wanita Non Muslim Kenakan Jilbab

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/11/24/118728/540x270/gadis-berjilbab-bicara-di-depan-parlemen-inggris.jpg
SEJUMLAH wanita non-Muslim di seluruh dunia berencana untuk mengenakan jilbab pada hari Jumat (1/2/2013) untuk memperingati tahun pertama Hari Hijab Sedunia. Kampanye ini dilakukan untuk memunculkan rasa toleransi dan memahami agama lain, serta menekankan bahwa hijab adalah kewajiban bagi Muslimah.
“Saya tahu bahwa itu tentang kesopanan perilaku, bukan sekedar pakaian. Banyak asumsi yang salah, yang memandang wanita memakainya karena paksaan-terutama di Amerika Serikat,” tutur Esther Dale (28), yang tinggal di negara bagian Amerika Serikat California, kepada BBC.
“Itu sama sekali tidak benar,” tambah ibu tiga anak ini.
Dale adalah salah satu dari umat Islam di seluruh dunia yang memilih untuk memperingati tahun pertama Hari Hijab Sedunia, yang direncanakan hari ini.
Acara ini pertama kali diusulkan oleh wanita New York, Nazma Khan untuk mendorong wanita non-Muslim mengenakan jilbab dan mengalaminya.
Acara ini dirancang sebagai bagian dari upaya untuk mendorong pemahaman yang lebih baik, dan melawan kontroversi seputar jilbab sebagai pilihan Muslim.
“Tumbuh di Bronx, di NYC, saya mengalami banyak diskriminasi karena jilbab saya,” terang Nazma sebagai penyelenggara, yang pindah ke New York dari Bangladesh saat berusia 11 tahun. Dan menjadi satu-satunya wanita yang mengenakan jilbab di sekolah.
“Di sekolah menengah saya disebut ‘Batman’ atau ‘Ninja,’” katanya.
“Ketika saya pindah ke perguruan tinggi itu hanya setelah 9/11, sehingga mereka akan memanggil saya dengan panggilan Osama Bin Laden atau teroris. Itu mengerikan.”
“Saya pikir satu-satunya cara untuk mengakhiri diskriminasi adalah jika kita meminta saudara sesama mengalami jilbab itu sendiri.”
Saran Nazma ini segera mendapat dukungan dari seluruh dunia dengan literatur yang diterjemahkan ke dalam 22 bahasa.
Dia juga telah dihubungi oleh orang-orang di puluhan negara, termasuk Inggris, Australia, India, Pakistan, Prancis dan Jerman.
Islam melihat jilbab sebagai kode wajib berpakaian, bukan simbol agama yang menampilkan afiliasi seseorang. [hf/islampos/onislam/www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Peringati Hari Hijab, Wanita Non Muslim Kenakan Jilbab

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global