Kerusakan akibat meteor Rusia mencapai USD 33 juta
CHELYABINSK  – Ribuan pekerja telah dikerahkan ke daerah Chelyabinsk, Rusia, untuk membersihkan dan memperbaiki bangunan-bangunan yang rusak akibat ledakan meteor yang mendarat di wilayah pegunungan Ural pada Jum’at (15/2/2013), yang memecahkan kaca-kaca jendela dan menghujani orang-orang di sekitar dengan kaca yang beterbangan.
Presiden Rusia Vladimir Putin telah memerintahkan sekitar 20.000 anggota badan pertahanan sipil nasional untuk turun ke daerah yang terkena dampak meteor dengan tujuh pesawat, menurut laporan kantor berita nasional Rusia RIA Novosoti.
Sekitar 1.200 orang, 200 di antaranya adalah anak-anak, menderita luka-luka setelah batu meteor tiba-tiba melesat cepat dan meledak.
Gubernur daerah Mikhail Yurevich pada Sabtu (16/2) kerugian yang diakibatkan oleh ledakan tingkat tinggi -yang dikatakan setara dengan 20 bom Hiroshima- diperkirakan mendapai USD 33, 2. Dia berjanji akan mengganti jendela-jendela yang rusak dalam waktu satu pekan.
Selain upaya pembersihan dan perbaikan, para ahli juga sedang berusaha meneliti fragmen meteorit itu. Meteor itu diyakini mendarat di sebuah danau di dekat Chebarkul, sebuah kota di wilayah Chelyabinsk. (siraaj/arrahmah/www.globalmuslim.web.id)