ICW Sebut Tiga Faktor Sulitnya Berantas Korupsi

Setidaknya ada tiga faktor penyebab sulitnya pemberantasan korupsi Indonesia. Hal itu diungkap Koordinator Korupsi Politik ICW Ade Irawan seperti diberitakan Tabloid Media Umat Edisi 99 (15 Februari -7 Maret).
Pertama, penegakan hukum yang lemah. Ini membuat orang cenderung tidak kapok melakukan korupsi atau orang cenderung terdorong melakukan korupsi karena bicara korupsi berarti bicara tentang kejahatan kalkulatif. “Orang menganggap ketika dia bisa korup lalu hukumannya kecil maka akan mendorong orang untuk melakukan praktek korupsi,” ungkapnya.
Kedua, belum adanya pendidikan politik. Kita banyak instrument untuk melawan korupsi atau mendorong pemerintahan yang bersih. Namun belum ada instrumen pendidikan politik pada rakyat. “Sehingga rakyat menganggap bahwa korupsi itu bukan masalah mereka, korupsi adalah masalah elite,” sesalnya.
Ketiga, menyalahgunakan wewenang. “Mereka menggunakan kewenangan dalam penyusunan aturan untuk kepentingan mereka sendiri atau mereka memperdagangkan penyusunan aturan untuk kepentingan mereka,” bebernya.
Kalau merujuk pada pendapat Husain Alatas, lanjut Ade, korupsi ini sudah masuk stadium tiga. Artinya, korupsi sudah terjadi disemua tatanan dan kelompok. “Dan korupsi sudah menjadi penggerak dari kebijakan,” pungkasnya.[] FM/Joy[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for ICW Sebut Tiga Faktor Sulitnya Berantas Korupsi

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global