Hari Ini 76 Tahun Lalu, Italia Bantai 30 Ribu Warga Ethiopia dalam 3 Hari

ADDIS ABABA, - Hari ini 76 tahun yang lalu, alias tanggal 19 Februari 1937, tentara Italia secara membabi-buta membunuh puluhan ribu penduduk Ethiopia di kota Addis Ababa.

Menurut sejarah yang ditulis di Wikipedia, pada tanggal ini terjadi percobaan pembunuhan terhadap Gubernur Jenderal Italia untuk Afrika Timur, Rodolfo Graziani, oleh dua warga Eritrea, Abraha Deboch dan Mogus Asgedom. 

Hal ini yang memicu Italia membantai warga Ethiopia yang sebagian besar warga miskin yang sedang menunggu diberi santunan.

Abraha Deboch dan Mogus Asgedom menyusup ke dalam acara yang dihadiri Rodolfo Graziani di istana Addis Ababa, di ibukota Ethiopia. Kedua pria itu kemudian melemparkan 10 granat yang melukai sejumlah petinggi Italia dan Ethiipia. Graziani sendiri terluka cukup parah, namun masih selamat.

Akibat upaya pembunuhan ini, pasukan Italia secara membabi buta langsung menembaki semua orang Ethiopia di tempat itu, termasuk ratusan warga miskin yang tadinya diundang untuk mendapat pembagian santunan. 

Beberapa jam kemudian, Sekretaris Pemerintah Federal Guido Cortese mengumumkan memberi waktu tiga hari bagi warga Italia untuk membalas serangan itu, dengan alasan “sebagai tanda pengabdian pada Gubernur Jenderal. 

Kemudian terjadi pembantaian besar-besaran selama tiga hari terhadap warga Ethiopia. Diperkirakan 30.000 warga tewas akibat aksi brutal ini.

Tragedi ini kemudian disebut sebagai Yekatit 12, sesuai dengan penanggalan tradisional Ethiopia yang jika dikonversikan ke penanggalan Masehi sama dengan tanggal 19 Februari. [www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Hari Ini 76 Tahun Lalu, Italia Bantai 30 Ribu Warga Ethiopia dalam 3 Hari

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global