Halal Watch: Ada Tiga Restoran Rumah Padang Terkenal Gunakan "Anciu"

JAKARTA – Semua orang Indonesia pasti suka masakan Padang. Tapi siapa sangka, ternyata ada oknum pemilik restoran Padang ternama di Jakarta dan Indonesia, yang gelap mata karena keserakahannya, menggunakan anciu (sejenis arak) dengan maksud ayam yang disajikan tetap empuk dan cepat dalam penyajiannya. Meski tidak menyebut namanya, Halal Watch menyebut ada tiga nama besar restoran Padang yang menggunakan anciu pada masakannya.
“Sebagai orang minang saya prihatin. Ada beberapa restoran Padang yang menambah zat perasa pada masakannya. Padahal tanpa itu, masakan Padang sudah pasti lezat. Jika mengikuti pola masakan Padang yang sebenarnya, daging ayam itu akan empuk jika dimasak dalam waktu yang lama, namun dengan alasan ekonomis, mereka mencari jalan pintas dengan harapan lebih menghemat, namun mengorbankan umat Islam, karena mengabaikan kehalalannya.” Demikian dikatakan anggota pengurus Halal Watch Keke Z Sugitahari dalam silaturahim dengan pimpinan ormas Islam di Gedung Mumtaz, Jakarta, belum lama ini (24/2).
Resto Padang, lanjut Keke, seharusnya tidak menggunakan anciu, arak, sari tapai dalam makananya. Ingat, kelak di kiamat nanti, mereka akan dituntut jika tidak bertobat.
Penggunakan anciu pada masakan Padang, ditemui Halal Watch sejak 2006 yang lalu. Temuannya itu bahkan sudah dilaporkan ke jalur yang ada, seperti LPPOM MUI. Namun, karena pembuatan sertivikasi halal masih bersifat sukarela, tidak ada kewajiban bagi rumah makan, maka menjadi tidak jelas kehalalannya. Ke depan,  semua rumah makan harus mengurus sertifikasi halal. “Bila perlu, pemerintah memberanikan diri untuk mencantumkan atau memberi label haram pada resto yang tidak menyajikan makanan halal.”  desastian[www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Halal Watch: Ada Tiga Restoran Rumah Padang Terkenal Gunakan "Anciu"

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global