Ditolak Rumah Sakit, Ibu di Aceh Melahirkan di Becak


47851_3819039254372_568618020_n.jpg (619×309)
Kelahiran cucu SBY [Presiden RI] di salah satu RS mewah


Nasib Yusleni sungguh miris. Ibu asal Ulee Lheu, Kecamatan Meuraksa, Banda Aceh itu terpaksa melahirkan di atas becak setelah ditolak Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Banda Aceh dengan alasan ruang inap penuh.

Perempuan itu melahirkan pada Jumat (25/11/2011) sekira pukul 02.30 WIB dinihari saat meninggalkan RSIA untuk mencari klinik persalinan lain.Becak motor yang membawanya ketika itu baru berjalan sekira 300 meter dari RSIA, saat memasuki jalan Iskandar Muda tepatnya di depan Stastion RRI Banda Aceh, orok keluar dari rahimnya.
Peristiwa berawal dari Yusleni yang sudah memasuki hamil tua mengeluh mules-mules tanda hendak melahirkan. Sekira pukul 1.00 WIB dinihari tadi suami dan saudaranya langsung memboyong Yusleni ke RSIA untuk persalinan.

Dia dibawa dengan sepeda motor oleh saudaranya, sementara Yusliman, suaminya menyiapkan segala perlengkapan termasuk berkas untuk mengurusi persalinan melalui Jamkesmas.

Setiba di RSIA dia langsung ditangani secara medis di Instalasi Gawat Darurat. "Kakak (Yusleni) sempat diinfus," kata Naimar, sepupu Yusleni kepada wartawan.

Sekira sejam kemudian keluhan diperut Yusleni makin parah, karena janin mau keluar. "Sudah pembukaan empat," tutur Naimar.

Ironisnya saat itu bukannya memproses persalinan, petugas medis RSIA justru meminta keluarga pasien untuk mencari Rumah Sakit persalinan lainnya. "Di sini tidak ada ruangan lagi, ruang sudah penuh," katanya meniru ucapan petugas.

Tak ada pilihan lain, Naimar dan saudaranya langsung memboyong Yusleni dengan becak. "Tujuan kami mau cari bidan biasa saja, biar persalinan ditangani bidan biasa," sebut Naimar.

Dalam malam buta dengan cuaca gerimis, mereka keluar menahan dingin untuk mencari klinik persalinan yang mau menerimanya. Setiba di depan Stastion RRI, Yusleni mengerang.

Adik perempuannya kemudian menyingkap sarung dikenakan Yusleni dan melihat kepala orok sudah terlihat keluar dari rahimnya.

Perlu penangan segera, becak itu balik arah menuju RSIA lagi. Beruntunglah kali ini pihak RSIA langsung merima persalinananya di IGD dan pihak medis, kata Naimar, meminta maaf.

Meski persalinan berjalan lancar, bayi dilahirkan Yusleni tergolong abnormal, beratnya hanya 1,8 kilogram. Bayi itu kini diinapkan di ruang Nico RSIA, ruang khusus bagi bayi abnormal.
[http://forum.kompas.com/www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Ditolak Rumah Sakit, Ibu di Aceh Melahirkan di Becak

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global