Guru Besar UI: Posko Banjir Milik Parpol, Menjijikan!

Guru Besar UI, Prof Dr. Iberamsyah
Jakarta – Dasar partai politik, apa saja dimanfaatkan untuk mencapai tujuan busuk politiknya. Termasuk momentum bencana banjir yang sedang melanda daerah Jakarta juga tak luput dimanfaatkan untuk meraih dukungan masyarakat korban banjir menjelang Pemilu 2014.Namun cara-cara kotor semacam itu justru dinilai negatif oleh masyarakat lantaran dianggap riya’, cari muka, pamer, dan sama sekali tidak ikhlas.
Guru besar ilmu politik Universitas Indonesia, Prof DR. Ibramsjah, juga mengkritik keras bermunculannya posko-posko berlogo partai politik (parpol) yang berlomba-lomba cari muka untuk menyalurkan bantuan di wilayah bencana banjir.
Menurutnya, perbuatan riya’ dan pamer itu malah akan menjauhkan simpati publik pada parpol. “Kalau mau membantu… bantu saja. Tak perlu dengan membuka posko yang disertai simbol-simbol partai,” kata Prof Ibramsjah, Jum’at (18/1/2013).
Ia menyatakan, masyarakat sudah cerdas menilai perilaku politik partai.Bantuan parpol yang disertai simbol-simbol partai tidak akan efektif mendongkrak elektabilitas parpol.
Menurutnya, parpol sebaiknya memberikan bantuan dengan ikhlas tanpa motivasi pamer atau mengharap imbalan dipilih saat Pemilu 2014. “Kalau membantu dengan atribut politik itu namanya riya. Tidak ikhlas dan menjijikan,” tandasnya.
Memberi bantuan tanpa menyertai atribut politik justru memberi keuntungan bagi parpol. Sebab, Ibramsjah percaya masyarakat yang menerima bantuan akan mencari tahu sendiri dari mana bantuan yang mereka terima berasal.“Masyarakat sudah pintar. Mereka akan cari tahu sendiri sumber bantuan yang didapatkan,” kata Ibramsjah.
Ibramsjah mengatakan eksploitasi parpol pada para korban bencana dengan cara memanfaatkan momentum bencana banjir menunjukan parpol tak memiliki konsep membangun masyarakat. Mereka harusnya membantu persoalan masyarakat tanpa harus menunggu bencana. “Parpol tak punya sistem membangun masyarakat.” pungkasnya. [KbrNet/adl – Source: ROL/www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Guru Besar UI: Posko Banjir Milik Parpol, Menjijikan!

Leave comment

Gamis Murah

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global