Berapa Jumlah Umat Islam Di Dunia?


uigurSETENGAH dari populasi dunia didominasi oleh Muslim dan Kristen. Terdapat sekitar 2,2 miliar orang Kristen (32 persen dari populasi dunia), 1,6 miliar Muslim (23 persen), 1 miliar Hindu (15 persen), hampir 500 juta Buddhis (7 persen), dan 14 juta orang Yahudi (0,2 persen) di seluruh dunia pada tahun 2010, menurut Pusat Forum Riset Pew tentang Agama dan Kehidupan Publik di dunia.

Berdasarkan analisis penelitian demografi lebih dari 2.500 survei sensus penduduk di dunia, memperkirakan bahwa terdapat 5,8 miliar orang dewasa dan anak-anak yang berafiliasi dengan satu agama di seluruh dunia, yang mewakili 84 persen dari populasi dunia tahun 2010 sebanyak 6,9 miliar.
Selain itu, terdapat lebih dari 400 juta orang (6 persen) yang memeluk agama tradisional, di antaranya agama-agama tradisional di Afrika, Cina, agama asli Amerika dan agama aborigin Australia. Diperkirakan sekitar 58 juta atau kurang dari 1 persen dari populasi global, memeluk agama-agama lain, termasuk kepercayaan Baha’i, Jainisme, Sikhisme, Shinto, Taoisme, Tenrikyo, Wicca, dan Zoroastrianisme.
Distribusi geografis kelompok agama bervariasi. Beberapa kelompok agama terkonsentrasi di kawasan Asia-Pasifik, termasuk sebagian besar Hindu (99 persen), Buddha (99 persen), penganut agama rakyat atau tradisional (90 persen) dan agama-agama dunia lainnya (89 persen).
Tiga-perempat dari agama tidak terafiliasi (76 persen) juga tinggal di kawasan Asia-Pasifik karena besar dan kepadatan penduduknya.
Kawasan Asia-Pasifik juga merupakan rumah bagi sebagian besar umat Islam di dunia (62 persen). Sekitar 20 persen umat Islam yang tinggal di Timur Tengah dan Afrika Utara, dan hampir 16 persen berada di sub-Sahara Afrika. [sm/islampos/wb/www.globalmuslim.web.id]

Tulisan Terkait lainnya:




0 comments for Berapa Jumlah Umat Islam Di Dunia?

Leave comment

Bring Islam Back Al-Khilafah org

Hak Cipta Hanya Milik Allah SWT, Menyadur dan Menyebarkan isi Website ini Sangat di anjurkan | jawara web | seacrh engine | butik muslim | situs islam | islamic wallpaper | situs berita global